alexametrics

Sekitar 400 Militan ISIS Ditangkap Saat Melarikan Diri di Syria

7 Maret 2019, 12:33:23 WIB

JawaPos.com – Sekitar 400 militan ISIS telah ditangkap. Mereka berusaha melarikan diri dari tanah terakhir yang dimiliki kelompok itu di Syria. Seorang komandan Syria Democratic Forces (SDF) mengatakan, anggota ISIS ditangkap semalam ketika mereka berusaha menyelinap keluar dari Desa Baghouz, Syria  dengan bantuan penyelundup.

Seperti dilansir BBC, Rabu (7/3), ratusan orang lainnya telah menyerah dan dievakuasi dari desa dengan ribuan warga sipil dalam beberapa hari terakhir. Itu terjadi setelah pasukan AS dan SDF atau Pasukan Demokratis Syria meningkatkan pengeboman di Baghuz.

Setelah Desa Baghouz diambil alih. AS dan sekutunya diharapkan secara resmi mendeklarasikan akhir dari kekhalifahan yang diproklamirkan oleh ISIS pada tahun 2014.

syria, isis, militan isis,
Setelah Desa Baghouz diambil alih. AS dan sekutunya diharapkan secara resmi mendeklarasikan akhir dari kekhalifahan yang diproklamirkan oleh ISIS pada tahun 2014 (AFP)

ISIS pernah menguasai 88.000 km persegi wilayah yang membentang di Syria dan Irak, memberlakukan aturan brutal pada hampir delapan juta orang, dan menghasilkan miliaran dolar dari minyak, pemerasan, perampokan, dan penculikan.

Setelah lima tahun pertempuran sengit, pasukan lokal yang didukung oleh kekuatan dunia telah mengusir ISIS dari semua tempat kecuali beberapa ratus meter persegi di dekat perbatasan Syria dengan Irak. Jumat lalu, SDF mengatakan telah meluncurkan serangan terakhir di Baghouz, menyatakan bahwa tidak ada yang tersisa di desa.

Setelah akhir pekan serangan udara dan artileri yang intens, aliansi mengatakan mereka harus memperlambat serangan karena sejumlah kecil warga sipil ditahan sebagai sandera.

Juru Bicara SDF Mustafa Bali mengatakan, sekitar 3.000 orang dievakuasi pada hari Senin dan 3.500 lainnya, termasuk 500 gerilyawan yang menyerah, mengikuti pada hari Selasa.

Lima pejuang SDF yang telah disandera oleh ISIS juga dibebaskan. Namun Bali mengatakan nasib sandera lainnya, termasuk pastor Italia Paolo Dall’Oglio dan jurnalis Libanon Samir Kassab tetap tidak diketahui.

Pada hari Rabu (6/3), 2.000 orang lagi meninggalkan Baghuz. Mereka dibawa ke pos pemeriksaan SDF, mereka digeledah, ditanyai dan diberi makanan dan air.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Sekitar 400 Militan ISIS Ditangkap Saat Melarikan Diri di Syria