alexametrics

Adik Abu Bakr Al Baghdadi Ditangkap Pasukan Turki

6 November 2019, 19:47:30 WIB

JawaPos.com – Rasmiya Awad tertangkap. Dia adalah adik perempuan Abu Bakr Al Baghdadi, almarhum pemimpin kelompok militan Islamic State (IS) alias ISIS. Perempuan kelahiran 1954 itu dibekuk pasukan Turki dalam operasi penggerebekan di Azaz, Syria. Awad ditahan bersama suaminya, menantu perempuannya, dan lima anak. Mereka kini diinterogasi.

“Mereka juga menahan empat warga Iraq,” ujar Kepala Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) Rami Abdel Rahman sebagaimana dikutip Agence France-Presse. Dia membenarkan adanya penangkapan tersebut. Azaz dikuasai pemerintah Turki sejak 2016.

Awad bisa menjadi aset penting. Dia dapat membantu pemerintah Turki untuk memahami lebih banyak tentang ISIS dan membekuk sisa-sisa kelompok radikal tersebut. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi jalan agar Turki mampu lebih melindungi diri dan negara-negara Eropa lainnya dari teroris.

Wilayah Turki memang berbatasan langsung dengan Iraq dan Syria, dua negara tempat lahirnya ISIS. Karena itulah, Ankara rawan diserang. Sebelum tempat persembunyiannya diketahui AS dan akhirnya bunuh diri, Baghdadi berencana menyelundupkan keluarganya ke Turki.

Sementara itu, pasukan Turki dan Rusia melakukan patroli gabungan di wilayah utara Syria sejak Selasa (5/11). Patroli dilakukan mulai Kobane hingga ke Eufrat. Patroli tersebut bertujuan memastikan pasukan Kurdi benar-benar mundur dari perbatasan sesuai dengan kesepakatan.

“Kami tahu masih ada teroris (pasukan Kurdi, Red) dalam zona aman di perbatasan yang kami uraikan,” ujar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Menurut dia, pasukan Turki belum sepenuhnya ditarik mundur.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c14/dos)



Close Ads