alexametrics

Perlu Peningkatan Kerja Sama Teknologi Indonesia-Selandia Baru

6 November 2018, 16:47:30 WIB

JawaPos.com – Mantan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Amris Hassan mengatakan, kerja sama Indonesia dan Selandia Baru masih perlu di eksplorasi khususnya hubungan antar masyarakat. Apalagi, sejak kunjungan Presiden Joko Widodo ke Wellington pada Maret lalu saat bertemu dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, keduanya sepakat untuk meningkatkan hubungan keduanya menjadi kemitraan komprehensif.

“Banyak yang harus dieksplor lagi oleh generasi muda, contohnya industri digital karena Selandia Baru terkenal dalam bidang ini,” kata Amris saat pada saat acara penunjukan ketua baru Asosiasi Persahabatan Indonesia-Selandia Baru pada Senin, (5/11) di Jakarta.

Amris menjelaskan, ekonomi kreatif, periklanan, geothermal, dan penanggulangan bencana juga menjadi area yang diunggulkan Selandia Baru. Poin-poin tersebut menurut Amris bisa dikerjasamakan dengan Indonesia.

teknologi, digital, indonesia, selandia baru,
Mantan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Amris Hassan mengatakan, kerja sama Indonesia dan Selandia Baru masih perlu di eksplorasi khususnya hubungan antar masyarakat (Stuff Co NZ)

Seperti diketahui, kedua negara sama-sama rentan terdampak bencana khususnya gempa bumi. Dalam kerja sama dalam bidang mitigasi gempa, Indonesia ternyata meminjam standar bangunan tahan gempa Selandia Baru sejak 1975.

Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia-Selandia Baru Indradi Soemardjan mengatakan, ia ingin agar warga kedua negara bisa lebih berinteraksi lagi, terutama para anak mudanya. “Bidang-bidang yang ingin saya kembangkan juga tentunya yang menyangkut dengan teknologi, misalnya teknologi digital.”

Di bidang pertanian, Indradi juga berjanji akan meningkatkan kerja sama kopi dan cokelat. Menurutnya, dua bahan tersebut menjadi peluang bagi kedua negara.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Perlu Peningkatan Kerja Sama Teknologi Indonesia-Selandia Baru