alexametrics

Miris, Pengangguran di AS Tak Lagi Terima Bantuan Tunai

6 September 2021, 20:02:21 WIB

JawaPos.com – Jutaan pengangguran di Amerika Serikat (AS) harus memutar otak untuk bertahan hidup ke depannya. Sebab, bantuan Covid-19 untuk mereka yang kehilangan pekerjaan selama pandemi akan berakhir. Mulai awal pekan ini, tidak ada lagi bantuan tunai.

Berhentinya bantuan itu bersamaan dengan merebaknya virus SARS-CoV-2 varian Delta di AS. Padahal, perekonomian belum pulih sepenuhnya dan pekerjaan juga tidak tersedia. Di lain pihak, tagihan listrik, air, dan berbagai hal lainnya harus tetap dibayarkan tepat waktu.

’’Saya tidak punya pekerjaan dan tidak mungkin membayar sewa apartemen dan hal lainnya,’’ ujar Misty Todd, salah satu penduduk Las Vegas yang dapat bantuan sejak Maret 2020.

Dia dulu bekerja sebagai penjaga toko, sedangkan suaminya, Varick Jones, bekerja di restoran. Begitu pandemi melanda, toko-toko dan restoran tutup dan membuat status mereka berubah jadi pengangguran. Selama ini mereka bergantung sekali pada bantuan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hidup.

UU CARES yang digedok Maret 2020 menjadi jaring pengaman bagi banyak pihak yang terdampak pandemi. Ketika aturan hukum itu disahkan, AS tengah mengalami penurunan ekonomi yang paling cepat dalam sejarah. Penggunaan UU tersebut sudah dua kali diperpanjang, pada Desember tahun lalu dan Maret tahun ini. Kongres memilih tidak memperpanjang lagi untuk kali ketiga.

The Century Foundation memperkirakan ada 9 juta orang yang harus bersiap kehilangan kucuran dana dari bantuan tersebut. Pakar ekonomi dan Ketua Center on Wage and Employment Dynamics di University of California Berkeley Sylvia Allegretto menegaskan bahwa beberapa orang akan terperangkap dalam situasi yang buruk.

’’Ekonomi belum sepenuhnya pulih dan belum lama ini terjadi lonjakan besar Covid-19 di seluruh negeri,’’ ujarnya seperti dikutip CNBC.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c6/bay)

Saksikan video menarik berikut ini: