JawaPos Radar

Korsel Desak Korut untuk Akhiri Perang Korea

06/09/2018, 14:34 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Korsel Desak Korut untuk Akhiri Perang Korea
Status Korut dan AS masih dalam perang. Dalam pertemuan Korsel-Korut kemarin, mereka ingin mendesak Korut dengan AS agar segera mendeklarasikan demi berakhirnya perang di Korea (Reuters)
Share this

JawaPos.com – Seorang utusan dari Korea Selatan (Korsel) telah dikirim ke Korea Utara (Korut) untuk bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan KTT ketiga antara mereka dengan harapan untuk memperundingkan kembali rencana denuklirisasi antara Korut dan Amerika Serikat (AS).

Utusan Korsel telah mengadakan pertemuan dengan Kim Jong Un. Dilansir Reuters pada Rabu, (5/9), mereka dilaporkan menikmati makan malam bersama dengan beberapa orang kerajaan, kesebelas delegasi Korsel itu dilaporkan disambut kedatangannya oleh Ketua Komite, Ri Son Gwon.

Mereka melakukan rapat yang berdurasi 20 menit dengan Ri Son Won dan rekannya Kim Yong Chol yang menjadi saksi kunci pertemuan di Singapura bersama dengan AS. Dilaporkan sebelumnya, AS dan Korut telah menggelar pertemuan dan membuat rencana denuklirisasi.

Setelah pertemuan di Singapura yang diselenggarakan kemarin tidak membuat mereka berdamai. Korut menganggap perang tersebut berhenti karena adanya gencatan senjata. Mereka juga menegaskan, status Korut dan AS masih dalam perang. Dalam pertemuan Korsel-Korut kemarin, mereka ingin mendesak Korut dengan AS agar segera mendeklarasikan demi berakhirnya perang di Korea.

Dilaporkan sebelumnya AS meminta Korut untuk melepas nuklirnya tanpa syarat. Korut pun memberikan balasan mereka bisa saja melepaskan nuklirnya tanpa syarat. Namun AS harus menjamin keamanan Korut beserta bersedia melepaskan tentara Korut yang ditahan Korsel.

(am1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up