JawaPos Radar

Kim Jong Un Siap Bertemu Moon Jae In 18 September Mendatang

06/09/2018, 11:06 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kim Jong Un
Pemimpin Dua Korea akan kembali melakukan pertemuan di Pyongyang. Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In akan dilaksanakan pada 18-20 September mendatang (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Pemimpin Dua Korea akan kembali melakukan pertemuan di Pyongyang. Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In akan dilaksanakan pada 18-20 September mendatang.

Menurut seorang pejabat senior Korsel, nantinya pertemuan tersebut nantinha akan membahas mengenai langkah-langkah praktis untum mewujudkan denuklirisasi Semenanjung Korea. Setelah melakukan pertemuan pertamanya pada 27 April lalu, hubungan kedua negara mulai membaik.

Terkait itu, Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un menegaskan kembali tekadnya untuk mencabut nuklir di Semenanjung Korea sepenuhnya. Dirinya juga menyatakan kesediannya untuk kerja sama yang erat bersama Korsel dan Amerika Serikat (AS).

Kim Jong Un
Kim Jong Un berjanji akan denuklirisasi Semenanjung Korea (Reuters)

Seperti dilansir Reuters, Penasihat Kemanan Nasional Korsel Chung Eui Yong mengatakan hal tersebut kepada wartawan setelah bertemu Kim di Pyongyang.

Menjelang pertemuan, Presiden Korsel Moon Jae In telah mengirim Chung dan utusan lainnya ke Pyongyang pada Rabu (5/9). Mereka dikirim untuk mengatur waktu dan agenda untuk Kerja sama Tingkat Tinggi (KTT) antar dua Korea yang ketiga tahun ini.

Pertemuan ketiga Korut dan Korsel nantinya juga akan memncoba memecahkan kebuntuan dalam pembicaraan antara Washington dan Pyongyang mengenai pembongkaran program nuklir Korut.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up