alexametrics

Usai Foto Bareng Xi Jinping, Pejabat Hongkong Terpapar Covid-19

6 Juli 2022, 07:37:11 WIB

JawaPos.com – Seorang legislator Hongkong Steve Ho teroaoar Covid-19 usai foto bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping. Itu dilakukan saat Xi berkunjung ke Hongkong. Sang legislator menjalani tes rutin Covid-19 dan ternyata hasilnya positif.

Xi Jinping sendiri berada di Hongkong selama kurang dari 24 jam dan hanya bertemu orang-orang yang telah menjalani karantina. Ini menjadi perjalanan pertamanya ke luar daratan Tiongkok sejak pandemi dimulai.

Steve Ho pada Minggu (3/7) mengatakan bahwa ia positif Covid-19, sehari setelah bertemu Xi. Ho mengatakan telah di tes pada 30 Juni dan dinyatakan negatif. Setelah itu, dia dan beberapa politisi Hongkong lainnya bertemu Xi.

Dalam rekaman yang dirilis oleh pemerintah Hongkong, Ho terlihat berdiri dua baris di belakang Xi saat berfoto. Semua taat prokes dengan memakai masker.

Hanya saja, tak disebutkan bagaimana kondisi Xi Jinping saat ini. Dan apakah ia juga menjalani tes dengan status kontak erat dengan Steve Ho.

Ho dinyatakan positif Covid-19 pada 1 Juli. Ia memutuskan untuk tidak menghadiri acara perayaan 25 tahun penyerahan Hongkong dari pemerintahan Inggris ke Tiongkok. Hongkong sendiri terus mencatat penambahan kasus Covid-19. Bahkan, per harinya hampir 2 ribu kasus.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: