alexametrics

Gambar Satelit Menunjukkan Sekolah Militan JeM Masih Berdiri

6 Maret 2019, 12:30:30 WIB

JawaPos.com – Gambar-gambar dari satelit menunjukkan sekolah atau madrasah yang dijalankan oleh kelompok Jaish e Mohammad (JeM) di timur laut Pakistan tampaknya masih berdiri. Sekolah itu terlihat beberapa hari setelah India mengklaim pesawat tempurnya telah mengenai kamp pelatihan kelompok Islam garis keras itu dan menewaskan sejumlah besar militan.

Gambar-gambar yang dihasilkan oleh Planet Labs Inc, operator satelit swasta yang berbasis di San Francisco, menunjukkan setidaknya ada enam bangunan di situs madrasah pada tanggal 4 Maret, enam hari setelah serangan udara.

Sampai sekarang, tidak ada gambar satelit resolusi tinggi yang tersedia untuk umum. Tetapi gambar-gambar dari Planet Labs, yang memperlihatkan detail sekecil 72 cm, menawarkan tampilan yang lebih jelas pada struktur madrasah tersebut. Pemerintah India mengklaim telah menyerangnya.

militan, JeM, madrasah,
JeM bertanggung jawab atas peledakan bom di kashmir (Reuters)

Gambar ini hampir tidak berubah dari foto satelit madrasah tersebut pada April 2018. Tidak ada lubang yang terlihat di atap-atap bangunan, tidak ada tanda-tanda hangus, dinding pecah, pepohonan terlantar di sekitar madrasah atau tanda-tanda lain serangan udara.

Gambar-gambar tersebut semakin meragukan pernyataan yang dibuat selama delapan hari terakhir oleh Pemerintah India. Padahal India mengaku melakukan  penggerebekan pada  26 Februari dan telah mengenai semua target yang dimaksudkan di situs madrasah itu.

Madrasah tersebut terletak di dekat Desa Jaba dan Kota Balakot di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Dilansir dari Reuters pada Rabu (6/3), Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan India tidak membalas pertanyaan yang dikirim melalui email yang dikirim dalam beberapa hari terakhir untuk mengomentari apa yang ditampilkan dalam gambar satelit.  Mereka juga tidak menjawab tentang pernyataan resminya tentang serangan udara.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum


Close Ads
Gambar Satelit Menunjukkan Sekolah Militan JeM Masih Berdiri