JawaPos Radar

Waduh, Pentagon Tak Punya Laporan Keuangan Jelas

06/02/2018, 09:22 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Waduh, Pentagon Tak Punya Laporan Keuangan Jelas
Pentagon (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Dalam sebuah audit, ditemukan Badan Logistik Pertahanan Pentagon Amerika Serikat (DLA) tidak memiliki dokumentasi kemana saja dan untuk apa saja ratusan juta dolas AS dikeluarkan.

Perusahaan audit Ernst and Young menemukan USD 800 juta. Uang tersebut dilaporkan digunakan untuk proyek konstruksi militer dan sistem komputer.

Namun DLA gagal untuk melacak pembelanjaannya dengan benar, namun mengatakan bahwa ini bukan berarti hilangnya akuntabilitas.

"DLA setuju dengan penilaian Ernst and Young atas kegagalan kami untuk secara tepat memperhitungkan dan melacak pendanaan untuk proyek konstruksi tertentu," kata Juru Bicara DLA seperti dilansir BBC, Selasa, (6/2).

Meskipun ada kekurangan dalam dokumentasi, tidak ada kehilangan akuntabilitas properti riil atau pendanaan terkait.

Juru bicara tersebut mengatakan, DLA yang didirikan selama Perang Dunia II telah mengambil langkah untuk memperbaiki keadaannya.

"Sebagai pembayar pajak Amerika, tujuan kami adalah untuk membuat kemajuan yang signifikan terhadap kepatuhan selama siklus audit 2018," katanya.

Departemen Pertahanan, yang memiliki anggaran tahunan sebesar $ 700 miliar, dilaporkan tidak pernah melakukan audit.

Presiden AS Donald Trump dan anggota Kongres AS mengajukan miliaran dolar pendanaan tambahan untuk departemen tersebut. Dari hasil audit tersebut ada kekhawatiran, bagaimana agensi menangani anggarannya.

DLA adalah salah satu agensi terbesar di Pentagon, mempekerjakan 25 ribu orang dengan anggaran tahunan sebesar USD 40 miliar. Anggaran tahunan Pentagon melebihi setengah triliun dolar.

Dari uang yang tidak diketahui, USD 465 miliar ditemukan digunakan untuk proyek konstruksi untuk Army Corps of Engineers dan agensi lainnya. Laporan ini mencakup tahun fiskal yang berakhir pada bulan September 2016.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up