alexametrics

Tiga Pengungsi Mati Beku di Perbatasan Turki

5 Desember 2018, 15:08:58 WIB

JawaPos.com – Mayat tiga pengungsi diyakini telah membeku sampai mati telah ditemukan di tiga desa perbatasan Turki secara terpisah. Dilansir dari The Arab News pada Selasa (4/11), jasad pertama yang ditemukan merupakan seorang pengungsi asal Afghanistan yang ditemukan di dekat dengan perbatasan Turki-Yunani di Desa Serem, Provinsi Barat Laut Edirne.

Dua migran lainnya ditemukan di desa-desa terdekat, yaitu Akcadam dan Adasarhanli. Para pejabat Turki percaya ketiga pengungsi itu mati kedinginan. Seperti dilansir Anadolu, jenazah mereka telah dikirim ke Istanbul untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pihak berwenang menangkap seorang pria Afghanistan, bernama Jamaluddin Malangi. Ia mengatakan, kalau polisi Yunani mengirimnya kembali ke Turki dengan perahu melalui Sungai Evros antara Yunani dan Turki. Daerah ini merupakan titik persimpangan utama bagi pengungsi dan migran yang mencoba memasuki Uni Eropa.

pengungsi, mati beku, turki, yunani,
Mayat tiga pengungsi diyakini telah membeku sampai mati telah ditemukan di tiga desa perbatasan Turki secara terpisah (Donegal Daily)

Malangi, yang mengklaim tahu salah satu migran yang ditemukan tewas, mengatakan, kalau mereka mencari bantuan setelah menyeberang ke Yunani dengan mengetuk pintu rumah penduduk.

“Kami menginginkan bantuan saat mengetuk pintu. Kami yakin seseorang pasti menelepon polisi dan petugas polisi Yunani datang dan menangkap kami. Pertama mereka membawa kami ke kantor polisi kemudian mereka membawa kami ke dekat sungai di mana ada dua perahu,” kata Malangi, dikutip oleh Anadolu.

“Kami dikirim kembali memakai perahu” ke Turki, tambahnya. Tidak jelas apakah para migran yang ditemukan tewas semuanya merupakan bagian dari kelompok yang sama yang memasuki Yunani dengan Malangi atau secara terpisah mencoba masuk ke negara anggota Uni Eropa.

Saat ini jumlah migran yang datang ke Eropa telah jatuh sejak puncaknya pada 2015 ketika lebih dari satu juta orang mendarat di Yunani dari Turki, mayoritas dengan kapal. Penurunan itu mengikuti kesepakatan yang disepakati antara Uni Eropa dan Turki pada 2016 untuk menghentikan aliran migran dengan Ankara setuju untuk membawa pendatang migran di pulau-pulau Yunani dengan imbalan insentif, termasuk miliaran euro untuk mendukung pengungsi di Turki.

 

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Tiga Pengungsi Mati Beku di Perbatasan Turki