alexametrics

Demi Gading, Pemburu Liar Bunuh 90 Ekor Gajah di Botswana

5 September 2018, 08:55:38 WIB

JawaPos.com – Sembilan puluh bangkai gajah tanpa gading telah ditemukan di Botswana, diyakini sebagai salah satu insiden pemburuan massal terburuk di Afrika. Dilansir AFP pada Selasa, (4/9), pernyataan dari Elephants Without Borders mengatakan, sebagian besar gajah yang mati adalah banteng besar yang membawa taring besar.

Penemuan yang suram itu dilakukan selama beberapa minggu selama survei udara oleh Elephants Without Borders dan Departemen Satwa Liar dan Taman Nasional Botswana. “Kami mulai melakukan survei pada 10 Juli, dan kami telah menghitung 90 bangkai gajah sejak survei dimulai,” ujar Direktur Organisasi Relawan tersebut, Mike Chase kepada AFP.

“Setiap hari kita menghitung gajah mati,” tambahnya. Hewan-hewan itu ditembak dengan senapan kaliber berat di tempat berair dekat tempat perlindungan satwa liar populer di Okavango Delta.

pemburu liar bunuh gajah,
Penemuan bangkai gajah itu dilakukan selama beberapa minggu selama survei udara oleh Elephants Without Borders dan Departemen Satwa Liar dan Taman Nasional Botswana (AFP)

“Skala perburuan gajah sejauh ini adalah yang terbesar yang pernah saya lihat atau baca di Afrika hingga saat ini,” kata Chase.

Perburuan itu bertepatan dengan pelucutan senjata awal tahun ini dari pasukan penjaga Botswana. Negara ini memiliki populasi gajah terbesar di Afrika dengan jumlah lebih dari 135.000. Jumlah gajah Afrika telah jatuh sekitar 111.000 hingga 415.000 dalam dekade terakhir.

Pembunuhan berlanjut dengan kecepatan yang membingungkan sekitar 30.000 gajah per tahun untuk memenuhi permintaan gading di Asia, di mana gading dijual seharga sekitar USD 1.000. Chase mengatakan, gajah di Zambia dan Angola, di utara Botswana, telah diburu hingga di ambang kepunahan lokal, dan para pemburu kini telah beralih ke Botswana.

Menteri Pariwisata Botswana Tshekedi Khama menerangkan, puluhan gajah telah diburu tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Botswana sebelumnya memiliki pendekatan toleransi nol terhadap perburuan, dengan kebijakan ‘tembak karena membunuh’ terhadap pemburu gelap.

Pemburu juga menargetkan badak. Ditemukan enam bangkai badak putih dalam beberapa bulan terakhir.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Demi Gading, Pemburu Liar Bunuh 90 Ekor Gajah di Botswana