alexametrics

Virus Cacar Monyet di Rumah Pasien Tetap Ada hingga Berbulan-bulan

5 Agustus 2022, 20:01:44 WIB

JawaPos.com – Virus cacar monyet jangan dianggap remeh. Dalam tubuh manusia, masa inkubasinya selama 3 minggu atau 21 hari. Akan tetapi, di sejumlah benda dan lingkungan rumah tangga, virus cacar monyet dapat bertahan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan para peneliti menemukan virus hidup 15 hari setelah rumah pasien dibiarkan kosong. CDC juga mengatakan virus cacar seperti monkeypox dapat bertahan hidup di seprai, pakaian, dan permukaan dengan sangat baik di lingkungan yang gelap, sejuk, dan kering.

Bahan berpori seperti tempat tidur dan pakaian dapat menampung virus hidup lebih lama daripada bahan tidak berpori seperti plastik, kaca, atau logam, kata CDC. Virus cacar monyet yakni Orthopoxvirus dapat bertahan hidup di lingkungan seperti rumah tangga selama berbulan-bulan.

Laporan dari Direktorat Sains dan Teknologi Departemen Keamanan Dalam Negeri AS (DHS) juga mengungkapkan virus dapat hidup selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun di dalam koreng. Laporan itu tidak mengatakan berapa lama virus dapat bertahan di permukaan.

Disinfektan jadi Solusi

Mengenai dekontaminasi, laporan DHS mengatakan bahwa, pada 12 Juli, tidak ada data yang menunjukkan efektivitas disinfektan yang paling umum terhadap virus monkeypox. Akan tetapi pemutih bisa direkomendasikan untuk membersihkan virus yang muncul.

Laporan itu juga mengatakan bahwa pengujian dengan virus vaccinia kerabat dekat monkeypox dapat diatasi dengan Virkon, Dettol, dan Sanytex efektif. Maka disinfektan masih efektif untuk membersihkan benda-benda yang digunakan pasien.

Kelangsungan hidup di permukaan penting untu menjadi gambaran bagi para ahli. Apalagi penularan seksual telah memainkan peran penting dalam penyebaran penyakit ini. Cacar monyet juga dapat menyebar melalui benda-benda yang terkontaminasi seperti pakaian.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: