alexametrics

Tak Temui Pelosi, Presiden Korsel Disebut Hormati Tiongkok

5 Agustus 2022, 12:19:14 WIB

JawaPos.com – Lawatan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Korea Selatan tak disambut oleh Presiden Yoon Suk-yeol. Ia sedang liburan musim panas saat Nancy Pelosi mengunjungi Seoul dari Taiwan.

Meski begitu, muncul spekulasi bahwa Presiden Korsel tak menemui Pelosi karena demi menghormati Tiongkok.

Seorang pejabat di kantor kepresidenan Korea Selatan menegaskan bahwa Yoon tidak memiliki rencana untuk bertemu Pelosi karena dia sedang berlibur musim panas.

“Pertama, tidak ada rencana seperti itu (untuk pertemuan Yoon dengan Pelosi) karena jadwal liburan presiden bertepatan dengan kunjungannya ke sini,” katanya kepada wartawan seperti dilansir dari South China Morning Post, Jumat (5/8).

Kantor kepresidenan menyambut kunjungan Pelosi ke Korea Selatan. Ditanya tentang kunjungan kontroversial Pelosi ke Taiwan, Korsel menjawab dengan normatif.

“Sikap pemerintah kami adalah bahwa kami akan menjaga komunikasi yang erat dengan negara-negara yang bersangkutan mengenai semua masalah demi perdamaian dan stabilitas di kawasan melalui dialog dan kerja sama,” ungkapnya.

Tetapi, penjelasan ini membuat para pengguna Twitter yang skeptis langsung beropini. Netizen menilai sang presiden memang menghindari Pelosi.

Karena liburan? Tidak mungkin. Yoon tidak bertemu Pelosi karena dia sedang melakukan nunchi-ing pada Tiongkok,” tulis salah satu unggahan.

“Yoon menghindari pertemuan dengan Pelosi karena nunchi dengan Tiongkok,” kata pengguna lain.

Di Korea Selatan, frasa ‘nunchi‘ digunakan untuk menggambarkan secara halus suasana hati orang yang berpengaruh. Hal ini menjadi tren di media sosial di tengah spekulasi bahwa Presiden Yoon Suk-yeol menghindari bertemu Nancy Pelosi untuk menghormati Tiongkok yang sedang marah.

Pelosi juga tidak akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Park Jin, karena ia telah berangkat ke Kamboja pada Rabu pagi untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri ASEAN di sana.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: