alexametrics

Jika Korsel Menyerang, Korut Bakal Serang Balik dengan Senjata Nuklir

5 April 2022, 15:00:21 WIB

JawaPos.com – Korea Utara menyatakan tidak ingin berperang. Hanya saja, akan menggunakan senjata nuklir jika Korea Selatan lebih dulu menyerang. Hal ini disampaikan pejabat senior Korut Kim Yo Jong yang juga adik dari Kim Jong Un pada Selasa (5/4).

Pernyataan Kim Yo Jong itu dinilai oleh pengamat sebagai peringatan kepada presiden baru Korsel yang konservatif. Kim Yo Jong mengatakan adalah kesalahan sangat besar bagi menteri pertahanan Korsel yang membuat pernyataan baru-baru ini tentang serangan ke Utara. Demikian kantor berita Korut KCNA melaporkan.

Sebelumnya, Menhan Korsel Suh Wook pada Jumat (1/4) mengatakan militer Korsel memiliki beragam rudal dengan jangkauan, akurasi, dan kekuatan yang telah ditingkatkan secara signifikan. Selain itu memiliki kemampuan menembak secara akurat dan cepat sasaran apa pun di Korea Utara.

Pernyataan dari Suh Wook tersebut yang membuat Korut meradang. Tak pelak, lewat Kim Yo Jong, Korut siap menembakkan nuklir apabila diserang terlebih dahulu.

Kim Yo Jong dan pejabat Korut lain mengeluarkan pernyataan yang mengutuk pernyataan Suh Wook dan memperingatkan bahwa Pyongyang akan menghancurkan target-target penting di Seoul jika Selatan melakukan aksi militer berbahaya seperti serangan mendahului.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: