alexametrics

Kucing Liar di Turki Gemuk dan Menggemaskan

5 April 2019, 18:09:10 WIB

JawaPos.com – Jika berkunjung ke Turki, pasti bisa melihat fenomena yang unik. Kucing-kucing yang berkeliaran di jalanan Turki terlihat sangat terawat. Tak jarang beberapa kucing yang ada di jalan sangat gemuk dan menggemaskan. Padahal kucing-kucing ini liar, bukan hewan peliharan dari seorang pemilik.

Mahasiswa Hubungan Internasional di Necmettin Erbakan Universitesi, Konya, Turki, Adli Hazmi mengatakan, kucing sangat disukai oleh masyarakat Turki. Berbeda dengan perlakuan sebagian masyarakat di Indonesia yang merasa kucing liar sebagai gangguan, entah ketika makan di warung ataupun rumah makan.

“Di Turki kucing liar diperlakukan dengan sangat baik. Setiap sudut kota selalu ada kantung yang diletakkan di bawah pohon dan diisi dengan makanan kucing dan air sehingga jarang terlihat kucing yang kurus dan tak terurus,” kata Adli, Jumat (5/4).

kucing liar, hewan, anjing, turki,
Tak jarang beberapa kucing yang ada di jalan sangat gemuk dan menggemaskan padahal kucing-kucing ini liar, bukan hewan peliharan dari seorang pemilik (Pixabay)

Bahkan, di Antalya terdapat rumah khusus untuk menampung kucing-kucing liar. Di rumah ini makanan kucing dan air layak minum untuk kucing selalu tersedia. Tak hanya itu, vaksin untuk kucing juga diberikan untuk mengantisipasi penyakit.

Di sisi lain, anjing-anjing di Turki juga berkeliaran di jalan. Mereka pun terlihat sangat sehat dan relatif tidak agresif.

Anjing di Turki biasanya ramah kepada manusia sehingga saat orang mendekat dan mengelus kepala mereka, anjing-anjing ini kebanyakan tidak menggigit, sehingga orang tidak takut dekat-dekat dengan anjing. “Jika kita melihat anjing yang berkeliaran di jalanan Kota Istanbul, kita akan melihat adanya label yang terpasang di salah satu telinga anjing.”

Hal itu merupakan salah satu program Pemerintah Turki yang bertujuan untuk merawat anjing liar supaya terkontrol. Anjing liar yang sudah diberi label biasanya sudah diberi vaksin untuk mencegah penyakit.

Di label ini juga terdapat semacam tracker supaya pergerakan binatang berkaki empat ini dapat diketahui. Program semacam ini sebenarnya patut dicontoh Pemerintah Indonesia.

Ketika musim dingin tiba, biasanya banyak pemilik toko yang memperbolehkan anjing maupun kucing liar tidur di tokonya, bahkan diberi kotak kardus dan selimut. Hal tersebut merupakan salah satu contoh betapa orang Turki menyayangi binatang.

Pemerintah negeri dua benua ini sangat menentang adanya euthanasia atau suntik mati pada hewan. Karena itu, mereka lebih memilih jalur mengontrol hewan-hewan liar ini dan merawatnya. Sehingga jarang terlihat kondisi fisik anjing maupun kucing di sana yang buruk.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Kucing Liar di Turki Gemuk dan Menggemaskan