alexametrics

Jerman Berikan Tes Gratis Covid-19 untuk Seluruh Warga Negara

5 Maret 2021, 05:35:58 WIB

JawaPos.com – Mulai 8 Maret, pemerintah Jerman akan membiayai semua warga negara tanpa gejala untuk menjalani tes virus korona. Tes itu dilakukan setidaknya sekali seminggu. Kanselir Jerman Angela Merkel dan para pemimpin daerah akan membahas langkah-langkah lebih lanjut pada 22 Maret.

Walaupun banyak kalangan memuji keberhasilan Merkel dalam menangani gelombang pertama Covid-19, dukungan bagi partai Demokrat Kristen, tempat dia berasal, turun menjadi 34 persen –terendah dalam setahun, menurut jajak pendapat Forsa yang dilakukan untuk televisi RTL/ntv.

Dua pemilihan daerah dijadwalkan berlangsung bulan ini dan pemilihan nasional pada bulan September, saat Merkel dijadwalkan mundur.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan gerakan vaksinasi kemungkinan bisa dipercepat dalam beberapa hari, dengan asumsi persetujuan diberikan kepada mereka yang berusia di atas 65 tahun untuk mendapatkan suntikan AstraZeneca /Oxford. Kemanjuran vaksin tersebut semakin banyak terbukti dari Inggris, negara yang lebih dari 30 persen penduduknya telah menerima suntikan pertama. “Ini adalah tahun yang sulit bagi kita semua, dan saya mengerti bahwa setelah empat, lima bulan penguncian. Semua orang memiliki harapan yang tinggi,” katanya kepada televisi Jerman.

Pemimpin Negara Bagian Bayern Markus Soeder, menyerukan “kehati-hatian, kepercayaan, dan tanggung jawab.” “Kita harus sangat berhati-hati agar kita tidak berakhir di penguncian berikutnya tanpa berpikir,” kata Soeder, seperti dikutip Antara dari Reuters. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara




Close Ads