alexametrics

Polisi Filipina Temukan 1.500 Kura-kura Dilakban

5 Maret 2019, 14:27:31 WIB

JawaPos.com – Polisi Filipina telah menyita lebih dari 1.500 kura-kura hidup dan kura-kura yang ditemukan terbungkus lakban di bandara Manila. Dilansir dari BBC pada Senin (4/3), reptil itu, ditemukan dalam empat tas, bisa terjual lebih dari 4,5 juta Peso atau sekitar USD 86.631.

Polisi yakin tas-tas itu ditinggalkan setelah penyelundup kura-kura tahu tentang hukuman keras untuk perdagangan satwa liar ilegal. Jika tertangkap, mereka bisa menghadapi dua tahun penjara dan denda hingga 200.000 Peso.

Beberapa hewan berasal dari spesies Kura-kura Sulcata, yang diakui rentan atau langka. Penyu Slider bertelinga merah juga termasuk di antara reptil yang ditemukan.

polisi filipina, Filipina, kura-kura, penyelundup,
Biro Bea Cukai Filipina mengatakan, reptil itu ditinggalkan oleh seorang penumpang Filipina yang naik pesawat Philippine Airlines dari Hong Kong (Facebook)

Biro Bea Cukai Filipina mengatakan, reptil itu ditinggalkan oleh seorang penumpang Filipina yang naik pesawat Philippine Airlines dari Hong Kong.

Hewan-hewan itu sekarang telah diserahkan ke Unit Pemantau Lalu Lintas Margasatwa. Kura-kura sering dipelihara sebagai hewan peliharaan yang eksotis, tetapi kadang-kadang juga digunakan sebagai obat tradisional atau disajikan sebagai makanan lezat di beberapa bagian Asia.

Daging mereka dianggap oleh beberapa orang sebagai afrodisiak, sedangkan tulangnya sering dipercaya jadi obat. Pekan lalu, 3.300 kura-kura berhidung babi diselundupkan ke Malaysia dengan perahu. Meskipun upaya ini digagalkan oleh agen maritim Malaysia.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Polisi Filipina Temukan 1.500 Kura-kura Dilakban