alexametrics

Kim Jong Un Siap Kunjungi Rusia

5 Maret 2019, 10:58:50 WIB

JawaPos.com – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akan mengunjungi Rusia. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Pers Presiden Rusia Dmitry Peskov. Namun ia masih enggan berbagi tanggal atau rincian lain dari perjalanan itu.

“Kunjungan semacam itu memang ada dalam agenda,” kata Dmitry Peskov. “Kami berharap tanggal dan tempat yang tepat akan ditentukan melalui saluran diplomatik dalam waktu dekat,” ujarnya dilansir dari Al Jazeera pada Selasa (5/3).

Pengumuman itu dikeluarkan ketika Kim Jong Un kembali ke Pyongyang menyusul pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump di Vietnam. Keduanya gagal menandatangani kesepakatan tentang denuklirisasi atau pengurangan sanksi terhadap Korea Utara.

korut, tiongkok, beijing, kim jong un, trump, as, vietnam, KTT Kedua, rusia,
Pengumuman itu dikeluarkan ketika Kim Jong Un kembali ke Pyongyang menyusul pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump di Vietnam (AFP)

Korea Selatan telah mengusulkan perundingan tiga arah semi-resmi dengan Amerika Serikat dan Korut saat mereka berusaha untuk mengembalikan diplomasi nuklir ke jalurnya setelah gagalnya kesepakatan pada KTT Kedua di Hanoi.

Proposal untuk perundingan tersebut datang pada pertemuan Dewan Keamanan Nasional pada hari Senin, dipimpin oleh Presiden Korsel Moon Jae In. Ia mengatakan, prioritas utama Seoul itu mencegah negosiasi nuklir antara AS dan Korut sia-sia.

Pada pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung Wha mengatakan, pembicaraan yang diusulkan itu, yang mencakup para ahli sipil dari AS dan Korsel akan membantu menyelesaikan perbedaan tentang berapa banyak sanksi yang harus dikurangi dari Washington kepada Korut dengan imbalan langkah-langkah pelucutan nuklir.

“Kita harus melihat apa dan bagaimana AS dan Korut melihat situasi saat ini dan kami akan membuat langkah-langkah mediasi praktis,” kata Kang.

Pertemuan pekan lalu antara Trump dan Kim Jong Un mogok karena menurut Amerika, tuntutan berlebihan Korut untuk pengurangan sanksi sebagai imbalan atas tawaran terbatas untuk menutup kompleks nuklir utamanya yang sudah tua di Yongbyon. Korut dilaporkan memiliki situs-situs lain yang memproduksi uranium tingkat senjata tersembunyi di seluruh negeri.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Kim Jong Un Siap Kunjungi Rusia