alexametrics

Ada Kolam Air Terkubur di Mars, Indikasi Ada Kehidupan Masa Lalu

5 Maret 2019, 07:05:33 WIB

JawaPos.com – Para ilmuwan telah mendeteksi bukti geologis pertama dari sistem penampungan air di bawah permukaan Planet Mars. Dilansir dari Daily Mail pada Jumat (1/4), segelintir bekas danau bawah tanah ini dianggap menyimpan mineral yang memainkan peran kunci dalam keberadaan kehidupan.

Sementara penelitian sebelumnya telah meramalkan keberadaan sistem air tanah, sebuah studi baru pada data dari satelit Mars Express kini telah mengungkapkan luasnya berdasarkan fitur di bagian bawah kawah dalam. Menurut para ahli, hal itu hanya bisa dibuat oleh air.

Mars pada awalnya adalah dunia yang berair, tetapi ketika iklim planet berubah, air ini menyusut turun ke bawah permukaan untuk membentuk kolam dan air tanah. Ini menurut penulis utama Universitas Utrecht, Belanda, Francesco Salese.

mars, planet mars, kolam, kolonisasi mars,
Banyak orang ingin pergi ke Mars untuk mencari kehidupan baru (Fox News)

“Kami melacak air ini dalam penelitian kami. kami menemukan bukti geologis pertama dari sistem air tanah di seluruh planet mars,” ujarnya.

Dalam studi yang dipublikasikan pada Journal of Geophysical Research: Planets, para peneliti menyelidiki 24 kawah yang tertutup di belahan bumi utara Mars. Masing-masing kawah ini turun hingga kira-kira 4.000 meter di bawah ‘permukaan laut’ Mars, yang oleh para ilmuwan ditentukan berdasarkan ketinggian dan tekanan atmosfer.

Banyak fitur terlihat di lantai kawah pada kedalaman 4.000-4.500 meter menunjukkan air, dengan bukti genangan dan aliran yang berubah dari waktu ke waktu. Ini termasuk saluran, lembah, delta melengkung, teras bergerigi, dan endapan sedimen berbentuk kipas.

Menurut para peneliti, level yang ditunjukkan oleh fitur kawah sejalan dengan prediksi garis pantai lautan Mars yang diperkirakan ada tiga hingga empat miliar tahun yang lalu. “Kami berpikir bahwa lautan ini mungkin telah terhubung ke sistem danau bawah tanah yang tersebar di seluruh planet ini,” kata rekan penulis Gian Gabriele Ori, yang juga merupakan Direktur Sekolah Ilmu Pengetahuan Planetary Ilmu Pengetahuan Internasional Planetit D’Annunzio, Italia.

“Danau-danau ini akan ada sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu, jadi mungkin sezaman dengan lautan Mars,” imbuhnya. Penemuan ini juga menjanjikan untuk mencari tanda-tanda kehidupan masa lalu di planet merah, menurut para peneliti.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Saksikan video menarik berikut ini:

Ada Kolam Air Terkubur di Mars, Indikasi Ada Kehidupan Masa Lalu