alexametrics

Kedutaan Besar AS di Turki Ditutup, Ada Apa?

5 Maret 2018, 20:00:08 WIB

JawaPos.com – Kedutaan Amerika Serikat di Turki telah ditutup untuk umum pada Senin, (5/3) karena ancaman keamanan. Warga AS di Turki tetap akan mendapatkan pelayanan bila itu termasuk kategori darurat, seperti yang diberitakan Al Jazeera pada Senin (5/3).

Kedubes AS di Turki juga menyarankan warga AS di Turki untuk menghindari kerumunan besar dan gedung kedutaan besar itu sendiri. Tidak lupa untuk lebih awas dengan keamanan mereka sendiri saat mengunjungi tempat-tempat wisata yang populer dan tempat-tempat yang ramai.

Langkah-langkah keamanan ini diambil setelah intelijen dari sumber AS mengatakan, mungkin ada serangan yang menargetkan kedutaan AS atau tempat tinggal warga AS.

Sebelumnya, Kedutaan AS pernah menjadi sasaran pada tahun 2013 oleh sebuah bom bunuh diri. Oleh karena itu, pihak AS tidak ingin jatuh ke lubang yang sama.

Apalagi saat ini hubungan Turki dan AS sedang tak kondusif terkait sejumlah isu. Terutama AS yang mempersenjatai seorang pejuang Kurdi di Syria utara.

Pada 20 Januari, Turki melancarkan operasi melawan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di markas perbatasan Afrin di Syria. Turki menganggap Kurdish Democratic Union Party (PYD) di Syria dan YPG menjadi kelompok teroris yang berhubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan atau Kurdistan Workers’ Party (PKK) yang dilarang aktif di Turki.

PKK telah melancarkan perang bersenjata selama beberapa dekade melawan negara Turki yang telah membunuh puluhan ribu orang. Turki berulang kali meminta AS untuk berhenti bekerja dengan YPG.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Kedutaan Besar AS di Turki Ditutup, Ada Apa?