alexametrics

Meriahnya Perayaan Imlek di Berbagai Belahan Dunia

5 Februari 2019, 13:48:47 WIB

JawaPos.com – Komunitas-komunitas Tiongkok pada hari ini (5/2) merayakan Tahun Baru Imlek, sebuah kesempatan bagi keluarga-keluarga untuk berkumpul untuk makan malam yang akrab dan menyambut tahun babi.

Di Tiongkok, pihak berwenang mengatakan, total hampir tiga miliar orang melakukan perjalanan dengan mobil, kereta api, dan pesawat terbang selama liburan. Pihak berwenang juga mengatakan, rata-rata 1,77 juta perjalanan internasional per minggu ini, ada kenaikan 8,9 persen dibandingkan dengan tahun lalu, seperti yang diberitakan Al Jazeera pada Selasa (5/2).

Pada Malam Tahun Baru Imlek, keluarga yang merayakan Imelk mengadakan makan malam tradisional dan menonton pesta maraton akan disiarkan televisi. Anak-anak menerima amplop merah yang diisi dengan uang, angpao.

imlek, tiongkok, taiwan, jepang, new york, sidney,
Parade dan tarian barongsai di kota-kota di negara Barat seperti New York dan London diharapkan menarik banyak orang untuk keluar dan menikmati suasana Imlek (PIxabay)

Perayaan ini biasa berlangsung di seluruh dunia, dari komunitas Tiongkok berabad-abad di Asia Tenggara hingga di Chinatowns yang baru didirikan di Sydney, London, Vancouver, Los Angeles, dan seterusnya.

Meskipun ekonomi melambat, lebih banyak orang Tiongkok bepergian ke luar negeri selama liburan. Mereka berlibur ke ke Thailand, Jepang, dan tujuan utama lainnya.

Perayaan di kota-kota besar Tiongkok, termasuk Beijing dan Shanghai, lebih sunyi dari biasanya setelah pemerintah tahun lalu melarang kembang api karena masalah polusi dan keamanan.

Di Hong Kong, pasar bunga dipenuhi oleh penduduk yang memilih anggrek, bunga mandarin, dan bunga persik untuk menghiasi rumah mereka. Sementara kios-kios menawarkan serangkaian bantal bertema babi, tas jinjing, dan boneka mainan lain.

Di Jepang, Menara Tokyo yang terkenal di ibu kota berubah menjadi merah dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Ini merupakan pertama kali dilakukan. Parade dan tarian barongsai di kota-kota di negara Barat seperti New York dan London diharapkan menarik banyak orang untuk keluar dan menikmati suasana Imlek.

 

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Meriahnya Perayaan Imlek di Berbagai Belahan Dunia