alexametrics

Penumpang Transit, 2 Kasus Varian Omicron di Bandara Changi Singapura

4 Desember 2021, 07:02:06 WIB

JawaPos.com – Dua kasus Covid-19 varian Omicron ditemukan transit di Singapura dalam perjalanan ke Australia dan Malaysia. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengungkapkan kedua kasus itu adalah pelancong yang transit di Bandara Changi. Dan, mereka tetap di sana sampai keberangkatan mereka.

“Kedua kasus belum masuk ke Singapura atau berinteraksi di masyarakat, dan saat ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus-kasus ini,” kata Kemenkes Singapura seperti dilansir Channel News Asia.

Kasus Covid-19 varian Omicron yang melakukan perjalanan ke Australia tiba di Sydney dengan penerbangan Singapore Airlines SQ231 pada 28 November. Dia berangkat dari Johannesburg pada 27 November melalui SQ481 dan tiba di Bandara Changi pada hari yang sama untuk penerbangan transitnya.

“Tes pra-keberangkatannya di Afrika Selatan pada 24 November negatif untuk Covid-19″ kata Kemenkes Singapura.

Menurut pemerintah New South Wales, pelancong itu adalah kasus Omicron kedelapan di negara bagian Australia. Dia sudah divaksinasi lengkap. Kasus Omicron yang tiba di Malaysia melalui Singapura juga datang dari Johannesburg, Afrika Selatan.

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin sebelumnya mengkonfirmasi bahwa dia adalah kasus Omicron pertama di negara itu. Sementara, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan pasien berada di SQ479 dan tetap berada di area transit hingga keberangkatannya ke Malaysia pada 19 November. Penumpang di pesawat SQ479 telah diidentifikasi sebagai kontak dekat penerbangannya.

“Semuanya belum masuk ke Singapura, atau berinteraksi dengan masyarakat di Singapura, dan tetap berada di transit holding area. Pelacakan kontak untuk kedua kasus sedang berlangsung,” tegas Kemenkes Singapura.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads