alexametrics

Terungkap Alasan Kemanjuran Sinovac Diragukan Dibanding Vaksin Barat

4 Agustus 2021, 11:51:30 WIB

JawaPos.com – Kemanjuran vaksin Sinovac dari Tiongkok sering dibandingkan dengan vaksin Barat dengan metode mRNA. Kemanjuran Sinovac diragukan usai ratusan tenaga kesehatan dari berbagai negara tertular Covid-19 meski sudah divaksin dua dosis. Dan, sebagian juga meninggal dunia.

Misalnya di Filipina, disebut-sebut Sinovac sebagai pilihan yang paling disukai di kalangan orang dewasa, mengungguli Pfizer dan AstraZeneca dalam survei nasional.

“Saya mendengar banyak situasi ketika orang-orang yang divaksinasi dengan Sinovac justru jadi pasien Covid-19 beberapa hari setelah mereka mendapatkan suntikan, belum lagi orang yang meninggal setelah itu,” kata Dani, pengusaha berusia 28 tahun dari Manila kepada VICE World News.

Baca juga: Sinovac Siap Luncurkan Vaksin Manjur untuk Lawan Covid-19 Varian Delta

“Sebagai seseorang yang tidak berisiko tinggi dan tidak ada dalam daftar prioritas untuk vaksin, saya lebih baik menunggu dan terus mempraktikkan protokol keselamatan Covid-19 daripada mendapatkan suntikan dari merek yang tidak saya percayai,” katanya yang mulai meragukan vaksin.

Filipina adalah salah satu dari beberapa negara Asia Tenggara yang karena hambatan sosial ekonomi dan terbatasnya pasokan produk Barat. Dan, harus sangat bergantung pada vaksin Tiongkok selama pandemi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads