Teror Penembakan di Mal Kopenhagen, 3 Tewas, Pengunjung Berhamburan

4 Juli 2022, 06:37:12 WIB

JawaPos.com–Sebuah insiden penembakan brutal terjadi di sebuah mal di Kopenhagen, Denmark. Sedikitnya 3 tewas di lokasi kejadian sementara lainnya luka-luka. Pengunjung panik berhamburan ke luar mal.

Penembakan terjadi di sebuah mal Kopenhagen pada Minggu (3/7). Seorang yang diduga pelaku sudah ditangkap. Dia adalah milenial berusia 20-an.

”Ada beberapa orang tewas,” kata Kepala Polisi Kopenhagen Soren Thomassen pada konferensi pers Minggu (3/7) malam.

Dia menambahkan, ada juga beberapa yang terluka. Thomassen juga menangkap tersangka yang diduga sebagai etnis Dane berusia 22 tahun. Tetapi dikatakan masih dini untuk menetapkan motifnya. Polisi menyebut kejadian itu sebagai teror.

”Kami tidak dapat mengecualikan, bahwa itu adalah teror,” kata kepala polisi seperti dilansir dari NDTV, Senin (4/7).

Serangan itu terjadi dua hari setelah kompetisi bersepeda Tour de France tahun ini dimulai dari Kopenhagen. Penyelenggara Tour menyatakan simpati atas kejadian itu.

”Seluruh karavan Tour de France mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada para korban dan keluarga,” kata pernyataan itu.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan orang tua membawa anak-anak mereka saat mereka berlari dari gedung dan personel ambulans membawa orang pergi dengan tandu.
Saksi mata yang dikutip media Denmark mengatakan, mereka melihat pengunjung berhamburan karena panik. Ada lebih dari 100 orang menuju pintu keluar saat tembakan pertama.

”Kami bisa melihat pengunjung tiba-tiba berlari menuju pintu keluar dan kemudian kami mendengar suara ledakan,” kata Thea Schmidt, yang berada di mal.

”Tiba-tiba kami mendengar suara tembakan, saya mendengar 10 tembakan, dan kami berlari sejauh mungkin untuk berlindung di toilet,” kata Isabella kepada penyiar publik DR.

Saksi lain menggambarkan, sosok bersenjata itu sebagai seorang pria dengan sekitar 1,8 meter menembakkan senapan. Sekitar pukul 19.30 (17.30 GMT), jalan-jalan di sekitar mal diblokir, kereta bawah tanah dihentikan dan sebuah helikopter terbang di atas mal.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: