alexametrics

Putin Tak Mau Beri Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan AS kepada Biden

4 Juli 2022, 19:50:25 WIB

JawaPos.com – Amerika Serikat (AS) merayakan Hari Kemerdekaan setiap 4 Juli. Meski begitu, Presiden Rusia Vladimir Putin tak akan memberikan ucapan selamat pada Presiden AS Joe Biden.

Pihak Kremlin Rusia mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan memberi selamat kepada Presiden AS Joe Biden buntut dari perang Rusia dan Ukraina. Posisi AS jelas selama ini membantu Ukraina dalam memasok dana dan bantuan militer. “Karena tindakan tidak bersahabat Washington terhadap Moskow,” kata pihak Kremlin seperti dilansir dari Wio News, Senin (4/7).

Setiap 4 Juli adalah hari libur federal di Amerika Serikat saat Amerika memperingati Deklarasi Kemerdekaan, yang diratifikasi oleh Kongres Kontinental Kedua pada 4 Juli 1776. Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa Putin tegas tak akan memberi ucapan selamat.

“Tidak, tahun ini tidak ada ucapan selamat yang akan dikirim. Ini karena tahun ini kami melihat puncak dari kebijakan tidak bersahabat Amerika Serikat terhadap negara kami. Jadi, mengingat keadaan saat ini, mengirim ucapan selamat hampir tidak dapat dianggap tepat,” tegasnya.

Setelah perang Rusia-Ukraina, AS mengatakan mendukung kedaulatan Ukraina. Termasuk paket militer terbaru, sekitar USD 6,9 miliar diberikan oleh Washington DC kepada Ukraina sejak Rusia menginvasi negara itu pada 24 Februari

Sementara itu, Rusia terus-menerus mengkritik Amerika Serikat dan negara-negara lain yang memasok senjata ke Ukraina. Bulan lalu, Putin juga memperingatkan Amerika Serikat dengan mengatakan bahwa Rusia akan menyerang target baru jika Barat memasok rudal jarak jauh ke Ukraina.  (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: