alexametrics

Partai Oposisi Anti-Imigran Menangkan Pemilihan di Slovenia

4 Juni 2018, 16:05:00 WIB

JawaPos.com – Partai oposisi anti-imigran memenangkan pemilihan Parlemen Slovenia. Mereka berhasil mengambil sebanyak 25 persen suara pada Minggu, (3/6), menurut hasil awal.

Namun Partai Demokrat Slovenia (SDS) pimpinan mantan Perdana Menteri Slovenia (PM) Janez Jansa akan tetap berjuang untuk menyatukan pemerintah karena sikap kerasnya kepada imigran telah membuat Slovenia kekurangan mitra-mitra koalisi yang potensial. Jansa mengaku, negosiasi setelah pemilihan akan sulit dilaksanakan.

Setelah memberikan suaranya, ia mengatakan, mereka harus menunggu beberapa waktu sebelum pembicaraan mengenai pemerintahan baru akan dibentuk. Para pemilih di sejumlah negara Eropa Timur terutama Hongaria dan Polandia telah beralih ke partai yang menentang rencana memblokir upaya menerima para imigran yang mencari suaka atau rumah singgah sementara di bawah sistem kuota.

Sedangkan SDS dengan tegas menentang berlakunya sistem kuota untuk para imigran semacam itu. Bahkan SDS menyebut, sebagian besar uang yang digunakan untuk mendukung imigran harus dialihkan ke pasukan keamanan.

“Partai kami meletakkan Slovenia di tempat pertama,” kata Jansa setelah hasil pemilihan awal keluar. Ia menambahkan, SDS siap untuk melakukan pembicaraan mengenai koalisi dengan semua partai di parlemen.

Menurut Jansa, mereka terbuka untuk kerja sama. Kini Slovenia sedang menghadapi saat-saat membutuhkan kerjasama. Jansa telah menjabat sebagai perdana menteri sejak 2004 hingga 2008 pada peiode pertama dan menjabat kembali pada 2012 hingga 2013.

Namun ia menghabiskan masa hukuman selama enam bulan di penjara pada 2014 lalu setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan penyuapan terkait dengan kesepakatan senjata 2006 lalu dibebaskan setelah Mahkamah Konstitusi memerintahkan pengadilan ulang dan Jansa pun membantah telah melakukan kesalahan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (trz/JPC)

Partai Oposisi Anti-Imigran Menangkan Pemilihan di Slovenia