alexametrics

Trump Siap Kerahkan Militer Jaga Perbatasan AS-Meksiko

4 April 2018, 14:30:05 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump siap mengerahkan militer untuk mengamankan perbatasan selatan Amerika. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap migran Amerika Latin yang akan menuju ke AS melalui Meksiko.

Trump selama tiga hari berturut-turut menyerang Pemerintah Meksiko karena gagal menahan 1.500 orang yang akan bermigrasi dari El Salvador, Guatemala, dan Honduras berjalan ke utara menuju perbatasan AS.

“Sampai kita memiliki dinding dan keamanan yang layak, kita akan menjaga perbatasan kita dengan militer,” kata Trump seperti dilansir AFP, Rabu (4/4).

Trump Siap Kerahkan Militer Jaga Perbatasan AS-Meksiko
Trump berjanji menjaga perbatasan AS dari masuknya migran Amerika Latin (Reuters)

Gedung putih mengklarifikasi, pihak yang akan ditugaskan menjaga perbatasan AS-Meksiko adalah Pasukan Garda Nasional, dan bukan militer aktif.

Pejabat senior termasuk Menteri Pertahanan AS James Mattis, Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirsten Nielsen, Jaksa Agung Jeff Sessions, Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford, dan Kepala Staf John Kelly memberi pengarahan kepada Trump pada pekan lalu dan mengadakan diskusi lanjutan pada Selasa (3/4), waktu setempat.

Trump menuduh Meksiko bersekongkol dan mengambil keuntungan dari imigrasi ilegal. Pada kampanye pemilihannya pada tahun 2016 Trump berjanji untuk menghentikan ini.

Trump sempat mencerca Kongres AS karena tidak memperketat undang-undang tentang Imigran. Ia juga mengatakan, Kongres AS tersebut mengulur-ulur pembuatan dinding perbatasan yang ia janjikan selama kampanye.

Pentagon tidak berkomentar tentang pernyataan Trump. Dalam 12 tahun terakhir, Pasukan Garda Nasional telah dikerahkan dua kali untuk meningkatkan keamanan perbatasan, tetapi itu tidak ada sejak 2010.

Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray mengatakan, dia mencari informasi lebih lanjut tentang pengumuman itu. “Meksiko meminta Amerika Serikat, untuk mengumumkan hal itu melalui saluran resmi yaitu akun Twitter @POTUS, mengenai penggunaan militer di perbatasan,” kata Videgaray.

“Pemerintah Meksiko akan memutuskan tanggapan berdasarkan klarifikasi tersebut, dan kami selalu membela kedaulatan dan kepentingan nasional kita,” tambahnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ina/ce1/iml/trz/JPC)


Close Ads
Trump Siap Kerahkan Militer Jaga Perbatasan AS-Meksiko