alexametrics

Saling Usir Diplomat, Trump Tetap Minta Putin Main ke Gedung Putih

4 April 2018, 10:09:28 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Trump mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengunjungi Gedung Putih. Seperti dilansir Time, Senin (2/4), Kremlin mengatakan, Trump telah mengundang pemimpin Rusia itu ke Gedung Putih ketika mereka berbicara melalui telepon bulan lalu.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, kedua belah pihak belum memulai persiapan untuk kunjungan semacam itu.

Jika itu terjadi, maka Putin akan mendapatkan kehormatan untuk pertama kalinya setelah satu dekade sejak dia bertemu Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada 2005.

Saling Usir Diplomat, Trump Tetap Minta Putin Main ke Gedung Putih
Trump undang Putin ke Gedung Putih untuk membahas berbagai masalah (The Hill)

Alarm berdering di lingkaran kebijakan diplomatik dan luar negeri atas prospek bahwa Trump mungkin menawarkan Putin kunjungan dan mungkin tanpa membicarakan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016 atau tuduhan bahwa Rusia mendalangi serangan Sergei Skripal pada 4 Maret yang berujung pada pengusiran masal diplomat Rusia oleh negara-negara barat.

“Ini akan memberikan normalisasi hubungan tertentu dan kami tentu saja tidak dalam ruang normal,” kata Pakar Kebijakan Luar Negeri di Brookings Institution, Alina Polyakova.

Banyak yang terjadi sejak Trump dan Putin berbicara dalam panggilan telepon 20 Maret. Trump mengatakan, ia berharap untuk bertemu dengan Putin dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Keduanya akan membahas senjata nuklir dan beberapa hal lain. Apalagi, sejak pengusiran lebih dari 150 diplomat Rusia dalam solidaritas dengan Inggris atas keracunan mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya, Yulia.

Moskow membantah terlibat dalam serangan racun saraf dan membalas dengan mengusir sejumlah diplomat yang sama dari masing-masing negara, termasuk mengusir diplomat AS.

Penasihat Urusan Luar Negeri Putin, Yuri Ushakov mengatakan, ketika kedua pemimpin berbicara melalui telepon Trump menyarankan untuk mengadakan pertemuan pertama di Washington, di Gedung Putih. Ia menyebutnya sebagai ide yang cukup menarik dan positif.

Ushakov menyuarakan harapan ketegangan yang dihasilkan dari pengusiran diplomatik tidak akan menggagalkan rencana pertemuan itu.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ina/ce1/iml/trz/JPC)



Close Ads
Saling Usir Diplomat, Trump Tetap Minta Putin Main ke Gedung Putih