alexametrics

Imam Besar Mesir Sebut Poligami tak Adil bagi Perempuan

4 Maret 2019, 13:15:41 WIB

JawaPos.com – Imam Besar Mesir Al Azhar Sheikh Ahmed Al Tayeb mengatakan, poligami bisa menjadi ketidakadilan bagi perempuan dan anak-anak. Sheikh Ahmed, otoritas tertinggi Islam Sunni mengatakan, cara itu sering dilakukan karena kurangnya pemahaman tentang Alquran.

Dia membuat pernyataan tersebut di program televisi mingguannya dan di Twitter. Setelah memicu perdebatan, Al Azhar mengklarifikasi, ulama itu tidak menyerukan larangan poligami.

Dia menegaskan bahwa monogami adalah aturan dan poligami adalah pengecualian. “Mereka yang mengatakan bahwa pernikahan harus poligami semua salah,” katanya seperti dilansir BBC, Minggu (3/3).

imam besar mesir, poligami, monogami, muslim,
Aquran, ujar Sheikh, menyatakan bahwa seorang pria Muslim bisa memiliki banyak istri, namun ia harus adil. Jika tidak ada keadilan maka dilarang memiliki banyak istri (LIst Land)

Aquran, ujar Sheikh, menyatakan bahwa seorang pria muslim bisa memiliki banyak istri, namun ia harus adil. Jika tidak ada keadilan maka dilarang memiliki banyak istri.

Sheikh Al Tayeb juga menganjurkan pembenahan yang lebih luas dari cara memperlakukan perempuan. “Perempuan mewakili setengah dari masyarakat. Jika kita tidak peduli pada mereka, itu seperti berjalan dengan satu kaki saja,” katanya di Twitter via BBC.

Dewan Nasional Perempuan Mesir merespons positif komentarnya. “Agama Islam menghormati wanita, itu membawa keadilan dan banyak hak yang tidak ada sebelumnya,” kata Presiden Dewan Nasional Perempuan Mesir Maya Morsi.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Close Ads
Imam Besar Mesir Sebut Poligami tak Adil bagi Perempuan