alexametrics

Anggota Konggres AS Ini Ingin Disumpah dengan Alquran

4 Januari 2019, 19:10:34 WIB

JawaPos.com – Nama Rashida Tlaib menjadi sorotan, terutama di Amerika Serikat baru-baru ini. Dia menjadi wanita keturunan Palestina-Amerika pertama yang akan bersiap melayani di Kongres AS.

Tlaib memenangkan pemilihan untuk mewakili distrik kongres ke-13 Michigan. Dia bersama dengan Ilhan Omar dari Minnesota akan mencetak langkah baru dengan menjadi dua wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres Amerika Serikat.

Lebih dari setahun sebelum dia mencalonkan diri sebagai anggota Kongres, Tlaib menjadi berita utama ketika dia dikeluarkan dari sebuah acara di Michigan di mana Donald Trump menjadi pembicara. Pada saat itu, Trump merupakan calon presiden dari Partai Republik. Tlaib diusir dari tempat acara karena dinilai mengganggu Trump karena menanyakan apakah dia pernah membaca konstitusi.

konggres as, muslim, alquran,
Tlaib adalah yang pertama dari 14 anak yang lahir dari orangtua imigran Palestina (Times of Israel)

Dalam kampanyenya, Tlaib yang merupakan anggota Sosialis Demokrat Amerika, menganut gagasan progresif seperti upah minimum 15 dolar AS dan perguruan tinggi bebas-utang serta lantang menyerukan untuk menghapus ICE dan memakzulkan Presiden.

Wanita 42 tahun ini di masa lampau juga pernah menjadi sorotan. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), dia adalah yang pertama dari 14 anak yang lahir dari orangtua imigran Palestina. Dia juga wanita Muslim pertama yang melayani di legislatif negara bagian Michigan.

“Ketika saya menang, itu hanya momen cahaya saat ini yang cukup gelap bagi banyak dari kita,” kata Tlaib, merefleksikan pemilihannya ke Kongres, seperti dimuat CNN pada Kamis (3/1).

Namanya semakin meroket dalam pemilu sela tahun lalu di mana dia memenangkan pemilihan dan mendapat golden ticket untuk masuk ke Capitol Hill.

Tlaib menyatakan, dia berencana memperingati pelantikannya nanti sebagai anggota Kongres AS dengan mengenakan gaun Palestina dan membawa Alquran.

Tlaib mengatakan dia akan mengenakan gaun Palestina yang disebut thobe untuk upacara pengambilan sumpah dan dia ingin disumpah dengan Alquran.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dyah Ratna Meta Novia

Close Ads
Anggota Konggres AS Ini Ingin Disumpah dengan Alquran