alexametrics

3 WNI Tewas Dalam Insiden Runtuhnya Jembatan di Taiwan

3 Oktober 2019, 20:08:41 WIB

JawaPos.com – Insiden runtuhnya jembatan di Nanfangao, Yilan, Taiwan, Selasa (1/10) lalu, juga menjadi kesedihan bagi Indonesia. Tiga Warga Negera Indonesia (WNI) menjadi korban tewas dalam insiden tersebut. Ketiganya bekerja sebagai anak buah kapal (ABK).

Tewasnya ketiga WNI dalam insiden tersebut dibenarkan oleh Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Joedha Nugraha, dalam rilisnya. WNI yang meninggal dalam insiden itu adalah Wr (29) warga Cirebon, Er (32) warga Indramayu, serta MD (28) asal Palembang.

Menurut Joedha, dua korban telah ditemukan dalam kondisi meninggal pada Rabu (2/10). Satu korban lagi ditemukan oleh tim pencarian otoritas Taiwan, juga sudah tidak bernyawa.

“Dengan demikian, keseluruhan tiga WNI yang merupakan ABK yang hilang telah ditemukan dan meninggal dunia,” sebut Joedha.

Jenazah ketiganya langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Veteran di Yilan. Joedha memastikan bahwa Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taipei akan terus berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat.

“KDEI Taipei berkoordinasi dengan Kemlu RI akan mengurus repatriasi jenazah dan hak-hak ketenagakerjaan para korban WNI,” beber Joedha.

Dari insiden itu, total ada tujuh WNI menjadi korban. Empat di antaranya berhasil diselamatkan. Tiga lainnya yang dinyatakan hilang akhirnya ditemukan dan dalam kondisi meninggal dunia.

Seperti dilansir Time, jembatan yang menghubungkan kawasan Teluk Nanfangao, Taiwan, runtuh sekitar pukul 09.30 waktu setempat, Selasa (1/10) saat sebuah truk tangki bahan bakar minyak melintas. Jembatan runtuh bersama truk tangki tersebut dan menimpa setidaknya tiga perahu nelayan dan satu kapal tanker minyak yang sedang berlayar di bawah jembatan.

Selain tiga korban tewas WNI, satu korban tewas dari Filipina yang juga ABK. Sementara 10 orang mengalami luka dan dirawat di rumah sakit, termasuk sopir truk tangki yang berasal dari Taiwan.

Editor : Edy Pramana



Close Ads