alexametrics

Militan Three Musketeers Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

3 Agustus 2017, 20:00:22 WIB

JawaPos.com – Tiga lelaki ini mengklaim mereka adalah Three Musketeers. Tetapi, bukan pembela kebenaran dan keadilan, mereka adalah militan calon pelaku teror di Inggris yang berencana menyerang polisi atau militer.

Naweed Ali, 29, dan Khobaib Hussain, 25, yang berasal dari Sparkhill, Birmingham. Serta Mohibur Rahman, 33, dari Stoke-on-Trent, merencanakan untuk melakukan serangan mematikan secara massal. Namun sebelum serangan itu dilakukan, polisi berhasil menangkap mereka tahun lalu.

Setelah melewati sidang, ketiganya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. ”Mereka sudah terjebak ideologi radikal dan mematikan,” kata Hakim Justice Globe yang memimpin sidang di Pengadilan Old Bailey.

Dewan juri memutuskan kalau ketiganya terbukti merencanakan serangan teroris antara Mei dan Agustus 2016. Tetapi, berkat kerja keras kepolisian, aksi itu berhasil digagalkan. Mereka semua mengaku sudah terinspirasi gerakan ISIS dan ingin menghancurkan negara barat.

Saat sidang, disebutkan kalau mereka sudah membeli perangkat untuk membuat bom, bergabung dengan grup ekstrim di sosial media, dan membeli ponsel untuk mempermudahkan koordinasi. Koordinasi itu menggunakan Telegram dengan profil pic grup bergambar Three Musketeers dari kartun Disney. (*)

Editor : Dwi Shintia

Reporter : (tia/BBC/JPC)

Militan Three Musketeers Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup