alexametrics

Perang Indo-Pakistan 1971, Sebanyak 3.800 Tentara Tewas

3 Maret 2019, 14:20:08 WIB

JawaPos.com – Perang Indo-Pakistan tahun 1971 dimulai pada tanggal 3 Desember tahun 1971 dan berlangsung selama 13 hari, setelah itu, Pakistan menyerah kepada India dan Bangladesh. Perang dimulai ketika Pakistan melancarkan serangan udara ke 11 pangkalan udara India.

Dilansir dari India Today, lebih dari 3.800 tentara India dan Pakistan mengorbankan hidup mereka dalam perang ini untuk mengakhiri genosida yang telah dilakukan Pakistan terhadap penduduk Bengali di Pakistan Timur.

peran indo-pakistan, perang india-pakistan, pakistan, india,
Perang itu adalah hasil dari perang Pembebasan Bangladesh yang merupakan konflik antara Pakistan Barat yang dominan secara tradisional dan mayoritas terhadap Pakistan Timur (Picsnaper)

Pada tahun 1971, Kepala Pasukan Pakistan, Jenderal Amir Abdullah Khan Niazi, bersama dengan 93.000 tentara, menyerah kepada pasukan gabungan Angkatan Darat India dan Mukti Bahini.

Secara politis, perang dimulai pada Maret 1971. Perang itu adalah hasil dari perang Pembebasan Bangladesh yang merupakan konflik antara Pakistan Barat yang dominan secara tradisional dan mayoritas terhadap Pakistan Timur.

Pemerkosaan, penyiksaan, pembunuhan, dan konflik telah mendorong sekitar sembilan juta pengungsi ke India, menyusul genosida yang meluas yang dilakukan Pakistan terhadap penduduk Bengali di Pakistan Timur, yang ditujukan khususnya pada populasi minoritas Hindu.

Genosida itu membuat Jenderal Tikka Khan dijuluki ‘Jagal Benggala’ karena pembantaian luas yang telah dilakukannya. Dia juga dikenal sebagai ‘Jagal Balochistan’ karena kekejaman lainnya yang telah dilakukannya.

Pada saat itulah, mantan Perdana Menteri Indira Gandhi memutuskan untuk mengakhiri genosida daripada sekadar memberikan perlindungan kepada mereka yang berhasil menyeberang ke kamp-kamp pengungsi.

Pada 3 Desember, Angkatan Udara Pakistan (PAF) meluncurkan serangan pendahuluan terhadap 11 lapangan terbang di India barat laut, termasuk Agra, yang berjarak 480 kilometer dari perbatasan. Pemogokan dari Pakistan menandai dimulainya resmi Perang Indo-Pakistan tahun 1971.

Setelah serangan, mobilisasi pasukan segera diperintahkan oleh Gandhi. Pakistan menyerang di beberapa tempat di sepanjang perbatasan barat India dengan Pakistan, tetapi tentara India berhasil mempertahankan posisi mereka.

Angkatan Darat India dengan cepat menanggapi gerakan Angkatan Darat Pakistan di barat dan merebut sekitar 15.010 kilometer wilayah Pakistan. Dalam perang ini, lebih dari 3.800 tentara India dan Pakistan mengorbankan hidup mereka untuk mengakhiri genosida yang telah dilakukan Pakistan terhadap penduduk Bengali di Pakistan Timur.

Dengan mengeksploitasi kelemahan dalam posisi musuh dan menghindari oposisi, India mendaftarkan kemenangan atas namanya. Pada tanggal 16 Desember, pasukan Pakistan yang ditempatkan di Pakistan Timur menyerah pada negosiasi Letnan Jenderal JFR Jacob. Perang melucuti Pakistan dari lebih dari setengah penduduknya dan hampir sepertiga tentaranya ditawan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Perang Indo-Pakistan 1971, Sebanyak 3.800 Tentara Tewas