alexametrics

Kolonisasi Mars, Salah Satu Kandidat Ingin Buka Bar Sushi Pertama

3 Februari 2019, 11:25:52 WIB

JawaPos.com – Di antara selebriti di tata surya kita, Mars merupakan superstar yang sering dibicarakan banyak orang. Semua mengatakan, sekitar 48 misi telah menargetkan Mars, enam di antaranya saat ini sedang melihat-lihat keadaan Mars, menguping, mengendus, dan menggali rahasia paling dalam di planet yang dingin dan berdebu ini melalui riset-riset.

Dilansir dari Foxnews beberapa waktu yang lalu, demam Mars belum pernah setinggi ini sejak 30 Oktober 1938, ketika Orson Welles menyelenggarakan program radio populer yang para anggota pemerannya membuatnya seolah-olah Bumi sedang diserang oleh orang-orang Mars yang tampak menyeramkan.

Seperti dipansir Fox News, Ilmuwan Fisika Michael Guillen mengatakan, euforia terhadap Mars secara langsung memang diciptakan oleh Presiden Trump, NASA, dan berbagai pengusaha kaya yang berjanji untuk memimpin invasi penduduk bumi sedini mungkin pada dekade berikutnya.

luar angkasa, mars, kolonisasi mars, planet mars,
Musk mengklaim, Falcon Heavy adalah pelopor roket yang ia kembangkan untuk mengirim penjajah manusia ke Mars pada tahun 2024 (AFP)

Untuk membuktikannya, pada bulan Februari, Elon Musk menggunakan roket Falcon Heavy-nya, yang menurutnya saat ini adalah yang paling kuat di dunia, untuk mendorong roadster Tesla merah-ceri ke orbit matahari.

Musk mengklaim, Falcon Heavy adalah pelopor roket yang ia kembangkan untuk mengirim penjajah manusia ke Mars pada tahun 2024. Pada bagian lain, NASA dengan bersemangat mengikuti arahan Trump untuk kembali ke bulan, tidak hanya untuk menanam bendera dan meninggalkan jejak kaki, tetapi untuk membangun landasan bagi misi berawak ke Mars.

Mungkin suatu hari nanti, dunia di luar itu, pada tahun 2020 NASA akan mengerahkan penjelajah robot ke bulan dan Kawah Jezero Mars. Selain AS dan Eropa, sejumlah negara lain kini bergabung dalam kegilaan misi mars.

Rusia, Tiongkok, Jepang, India, bahkan Uni Emirat Arab telah mengumumkan rencana untuk mengirim robot paparazzi ke planet superstar selama dua tahun ke depan. “Misi terdekat segera datang,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin. “Kami berencana untuk meluncurkan misi ke Mars pada 2019,” ujar Putin.

Salah satu misi perjalanan ke Mars merupakan milik Mars One, sebuah kelompok yang didirikan pada 2011 oleh sepasang impresarios Belanda yang menawarkan perjalanan satu arah ke Planet Merah. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Mars One akan meluncurkan misi pengintaian pada tahun 2022, mengirimkan modul pendukung kehidupan pada tahun 2029, dan mengantarkan koloni Mars pertama pada tahun 2031.

Mengunjungi Mars berarti menempuh perjalanan enam bulan yang berbahaya. Namun menghabiskan sisa hidup mereka di sebuah planet dengan atmosfer tipis dan mematikan, suhu rata-rata minus 82 derajat Fahrenheit, dan penuh badai debu merupakan hal lain.

Alasan mereka mau tinggal di Mars karena mereka ingin mengeksplorasi alam yang baru, membuat penemuan penting, menantang diri sendiri, memenuhi impian pribadi, dan memulai hidup dari awal lagi. Semua ini, tentu saja niat mulia.

Namun, terang Guillen , ia juga menemukan alasan yang kurang visioner yang membuatnya terdiam. Salah satu kandidat misi Mars bahkan bermimpi untuk membuka bar sushi pertama di Mars. Sedangkan yang lain bersemangat membangun arena olahraga di Mars.

Bahkan seorang petani mengatakan, “Saya ingin pergi ke Mars karena gagasan terraforming Mars menginspirasi,” ujarnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Saksikan video menarik berikut ini:

Kolonisasi Mars, Salah Satu Kandidat Ingin Buka Bar Sushi Pertama