alexametrics

Bumil di Israel Kena Gabungan Flu dan Covid-19, Ahli: Kasus Langka

3 Januari 2022, 12:01:48 WIB

JawaPos.com – Seorang ibu hamil di Israel dilaporkan terinfeksi 2 virus sekaligus yakni flu dan virus Korona, sehingga disebut dengan Flurona. Perempuan yang dirawat di rumah sakit itu sedang hamil dan belum divaksinasi. Apakah flurona sejenis varian baru?

Dokter di Israel telah melaporkan seorang pasien yang tampaknya menderita flurona, campuran langka dari virus influenza dan virus Covid-19. Sementara kasus ini diyakini sebagai kasus pertama yang dilaporkan, para ahli percaya bahwa ada lebih banyak pasien di negara tersebut yang belum didiagnosis.

“Flurona adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kasus langka dari satu orang yang menderita virus Korona dan flu pada saat yang bersamaan,” kata Direktur Departemen Ginekologi Rumah Sakit Beilinson Profesor Arnon Vizhnitser.

Berbicara kepada outlet berita lokal Hamodia, menurutnya perempuan itu didiagnosis menderita flu dan virus Korona. “Kedua tes itu kembali positif, bahkan setelah kami memeriksanya lagi,’ sebutnya.

Dia menambahkan penyakitnya adalah penyakit yang sama. Virus dan menyebabkan kesulitan bernapas karena keduanya menyerang saluran pernapasan bagian atas.

Menurut Profesor Vizhnitser, perempuan itu diperkirakan akan keluar dari rumah sakit pada Kamis mendatang. Kementerian Kesehatan Israel diyakini sedang mempelajari hasilnya untuk mengetahui apakah kombinasi dari dua infeksi secara bersamaan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Hanya ada satu kasus?

Sementara perempuan itu dianggap sebagai kasus pertama yang terdokumentasi dari infeksi ganda, para ahli kesehatan Israel percaya bahwa ada orang lain dengan kondisi yang sama yang belum didiagnosis. Profesor Viznitser menegaskan tahun lalu tak ada kasus flu di antara ibu hamil atau melahirkan.

“Hari ini, kita melihat kasus virus Korona dan flu yang mulai muncul kembali. Kami melihat semakin banyak perempuan hamil dengan flu. Ini jelas merupakan tantangan besar berurusan dengan seorang perempuan yang datang dengan demam saat melahirkan,” jelasnya.

“Ini terutama ketika Anda tidak tahu apakah itu virus Korona atau flu, jadi Anda menyebutnya sama. Sebagian besar penyakitnya adalah pernapasan,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads