JawaPos Radar

Kerap Berselisih, Trump Tak Hadiri Pemakaman Joh McCain

02/09/2018, 17:05 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Joh McCain, Joh McCain meninggal, donald trump
Jenazah Joh McCain saat upacara pemakaman. (Pablo Martinez Monsivais/Reuters)
Share this

JawaPos.com - Wafatnya Senator senior Amerika Serikat (AS) John McCain menjadi duka mendalam bagi banyak orang. Sosoknya yang luar biasa bahkan selalu melekat pada mantan presiden AS Barrack Obama dan George W. Bush yang hadir dalam upacara pemakaman.

Kedua mantan pemimpin AS tersebut pernah menjadi saingan McCain, namun keduanya tetap hadir untuk memberi ucapan bela sungkawa. Pejabat tinggi AS lainnju juga banyak yang datang memberi penghormatan terakhir, kecuali Presiden Donald Trump yang tidak terlihat hadir. Puterinya Meghan McCain bahkan menyindir Trump secara halus dalam pidatonya.

"Kami berkumpul di sini untuk meratapi berlalunya kebesaran Amerika, yaitu melalui hal yang nyata, bukan retorika murahan dari orang-orang yang tidak akan pernah mendekati pengorbanan yang dia berikan dengan sukarela, atau perampasan oportunistik dari mereka yang menjalani kehidupan yang nyaman dan istimewa sementara dia menderita," ucap Meghan dengan tegas diselingi tangisan.

Dirinya juga menyinggung soal slogan Make America Great Again. Baginya Amerika akan selalu bagus. Semasa hidupnya, Trump berseteru di depan umum dengan McCain dan mengejek dinas militernya selama bertahun-tahun.

Mantan senator Partai Republik dari Arizona itu meninggal pada 25 Agustus lalu karena kanker otak sebelum hari ulang tahunnya ke-82. Hal mencolok lainnya adalah Trump lebih memilih pergi ke salah satu klub golf pribadinya di Virgia daripada menghadiri upacara pemakaman McCain.

Seperti dilansir Channel News Asia, hampir seluruh pemimpin politik AS menghadiri upacara pemakaman kecuali Trump. Namun ternyata McCain meminta Obama dan Bush untuk menyampaikan eulogi, sementara keluarga menjelaskan hal tersebut tidak dilakukan Trump.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up