alexametrics

Rudal Rusia Hantam Apartemen di Ukraina, 18 Orang Dilaporkan Tewas

2 Juli 2022, 08:31:11 WIB

JawaPos.com – Rusia masih terus melakukan serangan ke Ukraina kendati upaya untuk perdamaian ditekankan oleh sejumlah pihak, termasuk Indonesia. Terbaru, rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen dan dua kamp wisata di dekat pelabuhan Odesa di Laut Hitam Ukraina pada Jumat (1/7) pagi. Ukraina mengklaim serangan itu menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai puluhan lainnya.

Satu rudal menghantam gedung di desa Serhiivka di distrik Bilhorod-Dnistrovskyi sekitar pukul 1 pagi, menewaskan 16 orang. Pejabat darurat wilayah Odesa Ihor Budalenko mengatakan kepada televisi lokal bahwa sebanyak 41 orang telah diselamatkan.

Juru bicara pemerintah daerah Odesa, Serhiy Bratchuk, mengatakan rudal juga menghantam dua kamp wisata di dekatnya. Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan bahwa serangan itu memang sudah ditargetkan.

Zelensky menggambarkan serangan rudal Rusia terhadap sebuah bangunan perumahan di wilayah selatan Ukraina Odesa sebagai titik yang suddah diincar. Ia menegaskan serangan itu menyerang orang dewasa dan anak-anak.

“Ini adalah serangan rudal yang ditargetkan oleh Rusia, teror oleh Rusia terhadap kota-kota dan desa-desa Ukraina, terhadap orang-orang Ukraina, orang dewasa dan anak-anak,” kata Zelensky.

Ia mengatakan hal itu setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Norwegia Gahr Store di Kiev, menurut kantor berita Interfax-Ukraina.

Jerman juga mengutuk serangan Ukraina tersebut. Laporan Al Jazeera, pemerintah Jerman mengutuk serangan rudal Rusia di Odesa, dengan mengatakan serangan itu merupakan serangan terhadap warga sipil. Dan disebutnya sebagai kejahatan perang.

“Presiden Rusia Vladimir Putin dan mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban,” kata juru bicara pemerintah Jerman.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: