JawaPos Radar

Di Bawah Putra Mahkota Mohammad Bin Salman, Saudi Rombak Kabinetnya

02/06/2018, 16:31 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Di Bawah Putra Mahkota Mohammad Bin Salman, Saudi Rombak Kabinetnya
MBS mengkonsolidasikan cengkeramannya pada kekuasaan sejak memecat sepupunya sebagai putra mahkota Juni lalu (AFP)
Share this

JawaPos.com - Arab Saudi mengumumkan perombakan kabinet pada Sabtu, (2/6). Perombakan lebih fokus di budaya dan agama karena dalam dua bidang itu Kerajaan Saudi ingin mengubah citranya.

Ini adalah perubahan signifikan kedua kalinya sejak kepemimpinan Putra Mahkota Mohammad Bin Salman (MBS). Pangeran MBS menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah ayahnya, Raja Salman.

Kantor berita negara SPA via Channel News Asia mengumumkan, Raja Salman telah menggantikan menteri tenaga kerja, urusan Islam dan budaya negara itu. Kerajaan itu juga mengumumkan telah membentuk Komisi Kerajaan untuk Kota Suci Makkah.

Di Bawah Putra Mahkota Mohammad Bin Salman, Saudi Rombak Kabinetnya
Arab Saudi rombak kabinetnya (The Jerusalem Post)

Komisi tersebut diharapkan menyambut jutaan peziarah Muslim untuk haji tahunan pada bulan Agustus, dipimpin oleh MBS.

MBS mengkonsolidasikan cengkeramannya pada kekuasaan sejak memecat sepupunya sebagai putra mahkota Juni lalu. Dia sejak itu mempelopori serangkaian perubahan kebijakan di negara ultrakonservatif Saudi, termasuk membuka bioskop-bioskop baru dan memungkinkan perempuan mengemudi.

MBS juga dilihat sebagai dalang di balik ditahannya 200 anggota kerajaan dan pengusaha di Hotel Ritz Carlton pada bulan November. Menurut Pemerintah Saudi, hal itu merupakan tindakan keras terhadap korupsi. Sebagian besar tahanan sudah dibebaskan.

Pada Jumat, MBS mendapat peringatan keras dari Al Qaeda di Jazirah Arab, cabang Yaman. Peringatan tersebut ditujukan atas proyek berdosanya, termasuk acara gulat WWE yang diselenggarakan oleh kerajaan pada April.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up