alexametrics

Temui Puan Maharani, Wapres Iran Bahas Masalah Ini

2 Mei 2018, 18:05:54 WIB

JawaPos.com – Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim untuk Islam Wassatiyat yang diselenggarakan sejak 1-3 Mei mendatang telah membahas perdamaian dunia. Sebanyak 43 peserta dari 36 negara hadir dari seluruh dunia. Bukan hanya negara-negara Islam, ulama dari negara seperti Inggris, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat juga turut hadir dalam forum ini.

Pada kesempatan itu, Wakil Presiden Iran untuk Urusan Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar menemui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di kantornya. “Kami berdiskusi mengenai kerja sama di bidang perempuan, lingkungan, dan keluarga,” katanya saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu, (2/5).

Ini, ujar Ebtekar, adalah kunjungan pertamanya ke Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengaku senang bisa kembali berada di Indonesia. Ebtekar juga menyampaikan keinginannya untuk berdiskusi cara meningkatkan kondisi ekonomi dan sosial perempuan.

Temui Puan Maharani, Wapres Iran Bahas Masalah Ini
Perempuan Indonesia diberdayakan dengan bekerja menenun kain (Dyah Ratna Meta Novia/JawaPos.com)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, beliau berharap ada kerja sama yang lebih konkret di bidang pemberdayaan perempuan. Selain mengenai ekonomi perempuan, beliau juga membahas pendidikan.

“Dengan memberikan pendidikan bagi perempuan di Iran maupun di Indonesia, perempuan dapat berdaya. Selain itu juga mampu menjaga segala, seperti keluarganya,” ungkap Puan.

Iran juga ingin membuat hubungan historis antara Indonesia dan Iran semakin erat melalui berbagai kerja sama yang akan dilakukan.

Menurut Puan, Ebtekar juga menekankan pentingnya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. “Di Indonesia sudah ada kegiatan-kegiatan yang mendukung kegiatan ekonomi perempuan.”

Di antaranya adalah membuat camilan seperti keripik dan kearifan lokal misalnya dengan menjual kerajinan hasil tenun. Ini akan menjadi ajang pertukaran ilmu pengetahuan antara perempuan Indonesia dan perempuan Iran.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/trz/JPC)



Close Ads
Temui Puan Maharani, Wapres Iran Bahas Masalah Ini