alexametrics

Tiongkok Desak AS Tak Lagi Provokasi Soal Hongkong jika Ingin Berdamai

2 April 2021, 18:38:45 WIB

JawaPos.com – Tiongkok kecewa dan dengan tegas menolak laporan Amerika Serikat (AS) tentang Hongkong dan mendesak AS untuk menciptakan kondisi yang kondusif. Itu untuk membawa hubungan Tiongkok-AS kembali ke jalur yang sehat dan stabil.

Pernyataan itu dilontarkan setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Rabu (31/3) mengirim sebuah laporan ke Kongres yang menegaskan kembali apa yang ditetapkan tahun lalu bahwa Hongkong tetap tidak layak mendapat perlakuan khusus dari AS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying mengatakan laporan itu, tanpa mempertimbangkan fakta dasar, membuat pernyataan yang tidak bertanggung jawab atas urusan Hongkong. Laporan tersebut melontarkan tuduhan tidak berdasar terhadap pemerintah pusat Tiongkok dan pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hongkong serta sangat mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok.

“Seperti dapat dilihat oleh semua pihak, sejak Hongkong kembali ke pangkuan Tiongkok, kebijakan ‘satu negara, dua sistem’ yang menaungi penerapan masyarakat Hongkong dengan otonomi tingkat tinggi, telah diimplementasikan sepenuhnya,” tutur Hua dalam konferensi pers harian.

“Hak dan kebebasan yang dinikmati warga Hongkong di bawah undang-undang sepenuhnya dilindungi, dan pembangunan Hongkong telah mencetak prestasi yang diakui oleh masyarakat internasional,” imbuhnya.

Hua menambahkan bahwa pencapaian pembangunan Hongkong saat ini bergantung pada kerja keras beberapa generasi warga dan keuntungan besar dari Tiongkok. Pembatalan atau ancaman untuk membatalkan apa yang disebut sebagai perlakuan khusus oleh AS tidak akan menghentikan pembangunan dan kesejahteraan Hongkong. Hal itu juga tidak akan menghentikan upaya Hongkong untuk melanjutkan integrasi ke Tiongkok dan berkontribusi terhadap negara dengan ruang pembangunan yang lebih besar.

“Hongkong adalah bagian dari Tiongkok, dan urusan Hongkong adalah urusan dalam negeri Tiongkok, yang tidak menerima campur tangan negara asing mana pun,” tegas Hua.

Hua mendesak AS untuk menghormati fakta-fakta yang ada, berhenti mencampuri urusan Hongkong dan urusan dalam negeri Tiongkok dalam bentuk apa pun. Serta menciptakan kondisi yang kondusif, alih-alih menciptakan penghalang. Langkah-langkah ini akan membawa hubungan Tiongmok-AS kembali ke jalur yang sehat dan stabil.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads