alexametrics

Hukuman 61 Penjahat Kelas Kakap Diperberat, Termasuk Reynhard Sinaga

1 September 2021, 15:11:04 WIB

JawaPos.com – Otoritas berwenang di Inggris memperberat hukuman untuk 61 penjahat yang masuk kasus kategori pidana berat. Sebanyak 61 pelaku dirujuk ke Pengadilan Tinggi. Mereka terkait dengan kejahatan dalam kategori pelanggaran seks anak, perampokan kekerasan, menyebabkan kematian dengan mengemudi yang berbahaya, menyebabkan kerusakan tubuh yang menyedihkan, menyebarkan gambar anak-anak yang tidak senonoh, kepemilikan dan memasok obat-obatan Kelas A, pembunuhan, memperkosa, perampokan, menguntit, dan melukai dengan niat. Salah satunya adalah Reynhard Sinaga, pria asal Indonesia yang memperkosa ratusan pria.

Sebanyak 61 terpidana mengalami peningkatan hukuman setelah mereka ditantang oleh Jaksa Agung yang menganggap hukuman mereka terlalu rendah. Mereka termasuk seorang perwira polisi yang dipenjara setelah dinyatakan bersalah atas pembunuhan dan dua pria yang ditangkap oleh petugas yang menyamar setelah mencoba melakukan aktivitas seksual dengan anak-anak secara online.

Di bawah skema Unduly Lenient Sentence (ULS), korban kejahatan, anggota masyarakat, dan Layanan Kejaksaan Mahkota dapat meminta peninjauan kembali hukuman Pengadilan Mahkota jika mereka yakin hukumannya terlalu rendah. Hanya satu rujukan yang diperlukan untuk dipertimbangkan oleh Kejaksaan Agung.

“Statistik menunjukkan bahwa dalam sebagian besar kasus, hakim melakukannya dengan benar,” kata Jaksa Agung Michael Ellis QC mengatakan seperti dilansir Police Professional.

Menurutnya aparat hukum dengan hati-hati mempertimbangkan setiap kasus, dan jika menurut mereka hukumannya terlalu rendah, mereka akan meminta Pengadilan Tinggi untuk meninjau kembali hukuman tersebut. Petugas Hukum menerima 552 aplikasi untuk meninjau lagi hukuman yang memenuhi kriteria untuk dipertimbangkan di bawah skema ULS.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads