alexametrics

Spesies Serangga Baru di Australia Ini Sandang Nama-nama Tokoh Marvel

1 Agustus 2020, 20:33:52 WIB

JawaPos.com – Ilmuwan Australia menamai lima spesies serangga lalat yang baru ditemukan dengan nama-nama karakter di jagat komik Marvel. Lalat-lalat itu diberi nama Deadpool, Loki, Thor, Black Widow dan komikus Stan Lee.

Dilansir dari laman DailyMail, Sabtu (1/8), penamaan tersebut yang mengacu pada nama-nama tokoh karakter komik Marvel lantaran lalat-lalat itu memiliki ciri khas tokoh jagoan super tersebut. Lalat Deadpool, misalnya, memiliki tanda di punggung yang menyerupai topeng merah dan hitam khas Deadpool.

“Memberi nama suatu spesies adalah langkah pertama untuk memahami spesies itu,” kata Dr Bryan Lessard, ahli entomologi di Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran (CSIRO) di Australia.

Dia melanjutkan, tanpa nama ilmiah, spesies ini tidak terlihat oleh sains. Bryan, yang menamai dirinya dengan sebutan Bry the Fly Guy di media sosial, adalah penggemar seluruh karakter jagat Marvel.

Kelima spesies memiliki nama ilmiah yang terinspirasi oleh karakter yang mereka kagumi. Untuk lalat Deadpool, CSIRO memilih nama Humorolethalis sergius untuk nama ilmiahnya. Nama ini sekilas juga menggambarkan watak Deadpool yang merupakan sosok anti-hero mematikan namun punya perangai konyol.

“Kedengarannya seperti humor yang mematikan dan berasal dari kata latin humorosus, yang berarti basah atau lembab, dan lethalis yang berarti mati,” lanjut Bryan.

Untuk lalat Stan Lee, lalat tersebut memiliki nama ilmiah Daptolestes leei. Nama tersebut mengacu pada lalat yang seolah mengenakan kacamata hitam yang menjadi khas komikus raksasa tersebut.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads