alexametrics

Kasus Puluhan Jasad Migran di Kontainer, Sopir Pura-pura jadi Korban

1 Juli 2022, 07:29:23 WIB

JawaPos.com – Kasus penemuan puluhan jasad migran di dalam truk kontainer di Texas memasuki babak baru. Sopir truk kontainer tersebut yang sudah ditetapkan menjadi tersangka, ternyata berpura-pura jadi korban. Itu dilakukan sebelum ditangkap dengan tuduhan menyelundupkan migran yang menyebabkan puluhan migran tewas.

Warga Texas, Homero Zamorano Jr, 45, ditangkap pada Senin (27/6) di dekat lokasi kejadian setelah berpura-pura menjadi salah satu korban peristiwa yang menewaskan 53 migran tersebut. Insiden itu menjadi tragedi kemanusiaan terbesar dalam sejarah kelam perdagangan manusia di Amerika Serikat.

Jika terbukti bersalah, Zamorano akan menghadapi hukuman maksimal penjara seumur hidup atau kemungkinan hukuman mati. Hal ini disampaikan Departemen Kehakiman AS saat mengumumkan tuntutan.

Tersangka lain yang juga ditahan dalam kasus itu pada Rabu (29/6) adalah Christian Martinez, 28. Dia ditangkap dan dituduh melakukan konspirasi untuk mengangkut migran secara tidak sah yang menyebabkan kematian. Jaksa federal mengatakan Martinez terlibat dalam peristiwa tragis itu setelah komunikasinya dengan Zamorano ditemukan oleh penyelidik yang memeriksa ponsel Zamorano.

Truk kontainer yang dipenuhi migran dari Meksiko, Guatemala, Honduras, dan El Salvador itu ditemukan terlantar pada Senin (27/6) di sebuah kawasan industri yang terpencil dekat jalan tol di pinggiran San Antonio, Texas, sekitar 250 km dari perbatasan AS-Meksiko.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: