alexametrics

Dihujani Lusinan Mortir Warga Israel Terbangun dari Tidurnya

1 Juni 2018, 15:15:14 WIB

JawaPos.com – Serangan kembali terjadi di Jalur Gaza pada Selasa, (29/5). Duta Besar Israel untuk Moskow Gary Koren menyatakan, militan Hamas Palestina kembali menyalakan api konflik di Jalur Gaza dibantu Iran.

Banyak orang di Israel terbangun dari tidurnya usai lusinan mortir dan lebih dari 100 roket diluncurkan dari Jalur Gaza menuju kota-kota dan pemukiman Israel pada Selasa pagi, (29/5). Salah satu bom bahkan meledak di wilayah taman kanak-kanak.

Beruntung ledakan tersebut terjadi sebelum taman kanak-kanak dibuka. Atas serangan tersebu Hamas mengaku bertanggung jawab.

Dihujani Lusinan Mortir Warga Israel Terbangun dari Tidurnya
Kebencian rakyat Palestina terhadap kejahatan zionis Israel terus memuncak (The Times of Israel)

Menurut Koren, Israel telah menanggapi serangan tersebut di perbatasan kedua negara. Selain itu, mereka juga menanam bahan peledak serta melempar bom molotov untuk menerobos barikade perbatasan Israel dan Jalur Gaza.

Mereka melakukan pembakaran dan serangan terhadap pasukan keamanan Israel. Komando Resort Milite (Korem) mencatat, pasukan pertahanan Israel menyerang 35 anggota militan Hamas serta segala benda milik Hamas sebagai balasan terhadap serangan yang dilakukan dari Jalur Gaza.

Menurut Israel, yang diserang Palestina sebelumnya adalah benda milik militer, termasuk fasilitas penyimpanan amunisi, instalasi Angkatan Laut (AL), dan pusat komando militan.

Menanggapi aksi saling serang antara Pasukan Israel dan anggota Hamas, Koren menjelaskan, Israel menanggapi dengan damai.

Menurutnya, sebelumnya pasukan Israel telah menghancurkan sebuah terowongan yang dibangun oleh anggota militan Hamas di pos pemeriksaan yang digunakan untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Pos pemeriksaan itu biasa disebut dengan Kerem Shalom atau perbatasan penyeberangan seperti dilansir TASS, Kamis, (31/5).

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (trz/JPC)

Dihujani Lusinan Mortir Warga Israel Terbangun dari Tidurnya