alexametrics

NATO: Pasukan Rusia Tak Ditarik Mundur dari Ukraina, Justru Diperkuat

1 April 2022, 08:01:36 WIB

JawaPos.com – Kabar yang mengatakan Rusia menarik mundur pasukannya dari Ukraina dibantah oleh NATO. Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) mengungkapkan pasukan Rusia mulai ditarik mundur dari Ukraina.

“Pasukan Rusia di Ukraina tidak mundur tetapi berkumpul kembali,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Kamis (31/3).

Ia juga mengomentari pengumuman Moskow tentang pengurangan operasi militer di sekitar Kiev. Stoltenberg mengatakan NATO belum yakin bahwa Rusia bernegosiasi dengan itikad baik dalam pembicaraan damai di Istanbul, Turki, karena tujuan militer Moskow sejak meluncurkan invasi ke Ukraina tidak berubah.

“Menurut intelijen kami, unit pasukan Rusia tidak menarik tetapi memposisikan ulang. Rusia sedang mencoba untuk berkumpul kembali, memasok, dan memperkuat serangannya di wilayah Donbas,” kata Stoltenberg kepada wartawan di Brussels.

Moskow mengatakan sekarang fokus pada membebaskan wilayah Donbas yakni dua provinsi tenggara yang sebagian dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia sejak 2014. Pada saat yang sama, Rusia mempertahankan tekanan pada Kiev dan kota-kota lain.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: