alexametrics

Dokter Keluarkan Lintah dari Tenggorokan Pria yang Batuk Darah 2 Bulan

1 Maret 2019, 18:00:48 WIB

JawaPos.com – Lintah yang berukuran cukup besar dikeluarkan dari tenggorokan seorang pria setelah dia mengeluh selama lebih dari dua bulan sakit batuk dan gatal. Dilansir dari Daily Mirror beberapa waktu yang lalu, cuplikan video menunjukkan pemindahan lintah sepanjang 10 cm yang ditarik dari tenggorokan seorang pria.

Pasien bernama Li itu telah berusaha menyembuhkan tenggorokannya yang gatal dan batuk berdarah selama dua bulan terakhir. Misteri di balik batuk kronis pria berusia 60 tahun yang menyakitkan itu akhirnya terpecahkan ketika ia mencari spesialis di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Kabupaten Xingwen di Kota Yibin, Tiongkok.

Dokter Zhang Dadong melakukan endoskopi pada Li. Mereka menemukan lintah gemuk yang hidup di dinding tenggorokannya.

dokter, lintah, tenggorokan,
Lintah yang berukuran cukup besar telah dikeluarkan dari tenggorokan seorang pria setelah dia mengeluh selama lebih dari dua bulan sakit batuk dan gatal (Vision Times)

Hewan licin itu terbukti sulit untuk diambil. Jadi dia meminta bantuan rekan-rekannya yang berhasil menenangkan lintah itu dengan menggunakan obat penenang aerosol.

Dokter Zhang kemudian menarik lintah menggunakan sepasang tang. Li, yang berasal dari kota pedesaan Daba, diyakini telah menelan telur lintah dengan minum air mentah.

Akibatnya, larva menetas di tenggorokannya dan memakan darahnya selama dua bulan. Hewan itu bertambah besar sampai tumbuh 10 cm saat ini. Dokter Zhang telah menyarankan penduduk setempat untuk merebus air sebelum dikonsumsi demi keselamatan mereka sendiri.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Dokter Keluarkan Lintah dari Tenggorokan Pria yang Batuk Darah 2 Bulan