alexametrics

Dirjen Perhubungan Darat Resmikan Angkutan Antarmoda YIA

31 Januari 2020, 16:05:06 WIB

JawaPos.com – Mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Ditjen Perhubungan Darat meresmikan angkutan antarmoda Yogyakarta International Airport (YIA). Subsidi Rp 9 miliar dikucurkan tahun ini sehingga tarif bus DAMRI yang dibebankan sekitar Rp 25 ribu dari Jogjakarta dan sekitarnya ke YIA. ”Headway (jeda waktu keberangkatan) jangan lebih dari 30 menit,” ungkap Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi kemarin (30/1).

Ada lima rute baru yang akan melayani masyarakat. Semuanya sudah diuji coba. Dua rute dari dan ke Bandara YIA. Rute pertama dengan 11 bus melewati Bandara YIA–Ambarketawang–Wirobrajan–Universitas Gadjah Mada–Jl Affandi–Hartono Mall. Rute kedua melewati Bandara YIA–Gamping–Ring Road Barat–Terminal Jombor–Kompleks Pemda Sleman–Sleman City Hall dengan dilayani 10 bus.

Tiga rute lain bertujuan Candi Borobudur. Rute pertama melalui Bandara YIA–Tebing Gunung Gajah–Gua Kiskendo–Plono–Samigaluh–Jl Nanggulan Mendut–Candi Borobudur yang akan dilayani 11 bus. Rute kedua, Bandara YIA–Wates–Nanggulan–Dekso–Candi Borobudur akan dilayani tujuh bus. Rute ketiga melalui Candi Borobudur–Terminal Muntilan–Terminal Jombor–Grand Inna Malioboro yang akan dilayani enam bus.

Belum ada tempat pemberhentian khusus. Budi berharap ada kerja sama antara Ditjen Perhubungan Darat, DAMRI, dan pemerintah daerah untuk menyiapkan selter penumpang. Budi mengatakan, jika layanan angkutan antarmoda Bandara YIA telah mencapai load factor yang ditargetkan, jenis layanan itu akan berubah menjadi layanan komersial.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengungkapkan bahwa hingga 19 Januari 2020, progres pembangunan YIA telah mencapai 97,8 persen. Ditargetkan selesai 100 persen pada awal Maret. ’’Bandara YIA beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020. Seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto akan dialihkan ke YIA,’’ ucapnya. Pada tanggal itu, YIA beroperasi 24 jam dari yang sebelumnya 12 jam.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/c7/ayi


Close Ads