alexametrics

Berada di Bawah Landasan Pacu, Underpass YIA Diresmikan Presiden

31 Januari 2020, 16:22:32 WIB

JawaPos.com – Jalan bawah tanah atau yang lazim disebut underpass Yogyakarta International Airport (YIA) akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini (31/1). Underpass yang berada di bawah bandara tersebut tentunya memudahkan pengguna jalan yang akan melintasi kawasan bandara.

Underpass YIA memiliki panjang 1,3 kilometer. Menjadikannya sebagai underpass terpanjang di Indonesia saat ini. Lokasinya berada di bawah bandara YIA, tepat di bawah landas pacu. Terowongan itu masing-masing memiliki dua lajur, yakni untuk lajur lambat dan lajur cepat. Menghubungkan jalur lama di kawasan pantai selatan Jawa Tengah.

“Ini salah satu dari keseluruhan proyek Jogjakarta International Airport,” terang Presiden usai peresmian underpass Jumat (31/1).

Dia berharap jalur tersebut bisa memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kunjungan ke DIJ, Borobudur, Prambanan, dan sekitarnya.

Pekerjaan rumah berikutnya adalah menyelesaikan layanan intermoda. Sehingga masyarakat memiliki pilihan-pilihan moda transportasi dari dan menuju bandara. Underpass juga membuat masyarakat memiliki pilihan jalur di kawasan selatan Jawa.

Underpass dan Bandara YIA diyakini mampu menarik minat turis untuk lebih sering datang ke DIJ. “Yang jelas akan terjadi peningkatan arus turis karena slot penerbangan semakin banyak. Bisa dobel, bisa tripel, karena bandaranya juga sangat besar sekali,” tambahnya.

Semakin banyak pilihan menuju DIJ karena sebelumnya bandara Adisutjipto sudah penuh. Tidak mungkin lagi menambah slot penerbangan. Kelemahan itu akan diatasi debgan bandara YIA yang nanti akan mampu menampung 130 penerbangan per hari.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Bayu Putra



Close Ads