alexametrics

Kapolri Sebut Penumpang Pelabuhan Merak Melebihi Kapasitas Normal

30 April 2022, 20:17:43 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebutkan daya tampung penumpang pada arus mudik Lebaran 2022 melebihi kapasitas normal, sehingga membutuhkan rekayasa dan strategi untuk mencegah terjadi kepadatan.

Hal ini diungkapkan Sigit saat meninjau arus mudik H-2 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu. “Kalau dilihat di H-4 dan H-3 terjadi peningkatan luar biasa dibanding dengan hari sebelumnya di mana puncak arus mudiknya ada lompatan yang luar biasa,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya.

Ia menyebutkan, pada mudik tahun 2019, saat itu jumlah penumpang tercatat 28 ribu, tapi di H-3 dan H-4 lebaran kali ini jumlah penumpang tertinggi di angka 37 ribu. Sedangkan hari-hari sebelumnya ada di angka 31 ribu.

Sementara itu, kapasitas normal di Pelabuhan Merak hanya menampung penumpang kurang lebih 19 ribu. Sehingga diperlukan rekayasa tambahan dan langkah dalam mencegah kepadatan.

Jenderal bintang empat itu memaparkan beberapa langkah yang dilakukan jajarannya untuk mencegah antrean yakni penambahan kapal dan dermaga. Harapannya, dengan penambahan tersebut bisa menambah kapasitas penumpang, yang tentunya bisa digunakan memberikan pelayanan tambahan pemudik pada H-2 yang sudah mulai padat.

“Kalau dilihat ekornya (panjang antrean kendaraan pemudik, Red) sudah di KM 94 namun sudah mulai bergeser artinya ada kepadatan sekitar 4 sampai 6 kilometer. Mudah-mudahan penambahan ini bisa mempercepat masyarakat segera berangkat dari Merak ke Bakauheni,” ujar Sigit.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads