alexametrics
Sisir Jalur Selatan (10)

Jalur Pansela, Berujung di Kebun Kakao dengan Panorama Taman Nasional

30 April 2022, 11:35:51 WIB

AWAN panas guguran saat Semeru meletus pada awal Desember lalu membuat akses Kabupaten Malang ke Kabupaten Lumajang terhenti di Jembatan Gladak Perak. Untuk pengguna kendaraan roda empat atau lebih tentu saja. Untuk roda dua atau pejalan kaki, kini sudah berdiri jembatan gantung sementara.

Piket Nol, sebutan jalan raya penghubung dua kabupaten di selatan Jawa Timur tersebut, sebenarnya jalur yang indah. Panorama Semeru menjadi daya tarik utama.

Untuk melanjutkan perjalanan, Jawa Pos akhirnya memutar menuju akses tol Malang yang menyambung sampai gerbang tol Probolinggo Timur. Tujuannya Jember dengan melewati Lumajang.

Jalur Probolinggo–Lumajang, terutama di bagian Lumajang, sudah lebar dan nyaman dilewati. Dulu, saat melintas di sini, yang terbayang duluan adalah ”persaingan” dengan truk-truk pengangkut pasir. Lumajang memang dikenal sebagai gudang pasir.

Jalur pansela (pantai selatan) dari Kabupaten Jember ke Kabupaten Banyuwangi belum tersambung. Untuk menuju Kecamatan Glenmore di wilayah Banyuwangi, pengguna jalan tetap melintasi jalan arteri di kawasan Gumitir. Dari jalur arteri tersebut, masuk ke kawasan jalur pansela dengan membelok ke selatan di simpang tiga setelah Mapolsek Glenmore. Di sini jalur pansela meninggalkan pantai, lalu melintasi dan membelah perkebunan kakao milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Luas perkebunan itu mencapai 3.802 hektare. Kerap disebut Perkebunan Kendeng Lembu yang mampu memproduksi ratusan ton cokelat per tahun.

”(Jalur pansela) ini seperti tujuan wisata baru bagi warga sekitar,” kata Yuniardi yang tinggal di Genteng, kecamatan tetangga Glenmore, Banyuwangi.

Akses cukup lebar dengan jarak 7,5–8 meter. Sepanjang perjalanan, mata dimanjakan pemandangan di Taman Nasional Meru Betiri serta hamparan perkebunan cokelat dan karet. Kuliner olahan serbacokelat juga bisa dengan gampang ditemui.

Konsep tersebut berbentuk doesoen atau dusun kakao. Jawa Pos menemui empat doesoen sepanjang penyusuran di Glenmore. Namun, hanya satu yang berbentuk kafe, yakni Doesoen Kakao, Kendenglembu. Selain makanan dan minuman olahan cokelat, ada juga penginapan yang disediakan.

”Jadi, mungkin kalau jalur ini sudah tersambung, yang lewat ke sini bisa beristirahat di sana. Terus, lanjut perjalanan lagi,” ujar Yuniardi.

Jalur pansela yang membentang mulai Bayan di Banten sana berujung di Dusun Pagergunung, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Berdasar peta rencana pemrograman pembangunan jalan/jembatan pansela BBPJN Jatim-Bali, jalur pansela Glenmore, Banyuwangi, nanti tersambung dengan jalur pansela Pantai Puger di Kabupaten Jember. Rute dalam peta tampak berputar melintasi sisi utara Taman Nasional Meru Betiri. Namun, trace dari Dusun Pagergunung itu belum terlihat.

”Proses ya, masuk dalam pengerjaan pansela tahap II,” jelas Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim dan Bali Achmad Subki kepada Jawa Pos.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads